Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Kesenian Turonggo Yakso Di Paud Pertiwi Sumbergedong

Kesenian Turonggo Yakso Di Paud Pertiwi Sumbergedong


Caping Gunung Indonesia - TK Pertiwi Sumbergedong (Paud) kegiatan (Sabtu,29/07/2017) latihan bersama Tari Turonggo Yakso. Tari merupakan kegiatan kreatif dan konstruktif serta menumbuhkan intensitas emosional. Tari dapat dijadikan aktivitas rekreasi, terapi, juga dapat menjadi alat ekspresi dan laku estetis, inilah nilainya bagi anak. Seorang guru yang mengajarkan tari kepada siswa sangat perlu mengetahui berberapa hal seperti apakah sebenarnya tarian itu.


Pengajaran seni tari untuk TK memerlukan latihan-latihan dan teknik yang sesuai dengan perkembangannya untuk menemukan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan dan ketepatan, dengan tujuan untuk dapat mengontrol dan mengkoordinir kegiatan gerak anak.

Kesenian Turonggo Yakso Di Paud Pertiwi Sumbergedong

Tari Turonggo Yakso merupakan kesenian asli kabupaten Trenggalek. Awalnya kesenian ini berasal dari "baritan" yaitu sebuah ritual yang dilakukan oleh masyarakat kecamatan Dongko sejak lama. Berkat jasa Bapak Puguh yang juga merupakan warga Dongko, dengan memperkenalkan kesenian Turonggo Yakso akhirnya kesenian ini mulai dikenal sebagai kesenian asli Trenggalek yaitu pada tahun 80-an.


Tari Jaranan Turonggo Yakso ini menceritakan tentang kemenangan warga desa dalam mengusir marabahaya atau keangkaramurkaan yang menyerang desanya.
Saat ini tari Turonggo Yakso banyak diminati oleh para pelajar diwilayah Trenggalek, mulai dari anak SD sampai pada ibu-ibu dan orang tua. Bahkan setiap perayaan 17 Agustus hampir taka da sekolah yang tidak menampilkan Kesenian Tradisional tersebut. Mungkin bagi mereka ini semua adalah ungkapan rasa hormat yang dituangkan dalam sebuah gerakan yang tak lain adalah menari. #nur_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support