Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Export Dan Import


Export Dan Import
Caping Gunung Indonesia - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menyatakan pemerintah berkomitmen untuk mengejar kenaikan target ekspor 300 persen atau sebesar US$ 458,5 miliar di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk mencapai hal tersebut, Kemendag berupaya mengenjot tambahan investasi sebesar US$ 211,5 miliar dengan penyerapan pekerja 23 juta orang.

Rachmat mengatakan, dalam kunjungannya ke Milan Italia merupakan salah satu cara supaya target tersebut bisa dipenuhi. Dia bilang, pertemuan tersebut merupakan rangkaian kunjungan Misi Dagang Indonesia 2015 ke Eropa yang berlangsung dari 29 April-4 Mei 2015.

Rachmat menambahkan, ekspor non migas sepanjang tiga bulan pertama ke beberapa negara mitra dagang pun terkerek naik. Dia menyebut, ekspor ke Taiwan naik 13,2 persen, ke Vietnam 11,8 persen, Arab Saudi 13,7 persen dan ke Swiss naik lebih dari 30 kali lipat.

"Naik 30 kali lipat menjadi US$ 485,4 juta di Januari-Maret 2015 dari periode yang sama sebelumnya tahun lalu hanya sebesar US$ 15 juta," ujarnya.

Peningkatan ekspor ke Swiss sampai 30 kali lipat diklaim Mendag Rachmat, berkat hasil negosiasi antara Kemendag dengan Mendag Swiss dalam pertemuan di Davos pada Januari lalu.

Rachmat mengaku, Kemendag beripaya mengembangkan pasar tujuan ekspor di sisa waktu 9 bulan ini. Salah satu caranya bernegosiasi di bidang perdagangan dengan negara-negara ASEAN, Asia, misal di Forum Konferensi Asia Afrika dan World Economic Forum untuk menggenjot ekspor.

Sumber, Berbagai Sumber

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support