Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

"Mungil Tapi Hebat"

Caping Gunung Indonesia-"Mungil tapi hebat" mungkin itu julukan yang tepat untuk si buah yang satu ini,Kebanyakan orang mungkin belum terlalu mengerti akan khasiat tentang buah ini.Buah ini sering kita temui di wilayah-wilayah perkebunan atau pun daerah yang sering di tumbuhi oleh rumput-rumput belukar.Memang mata kita harus jeli dan fokus dalam mencari buah ini,karena lokasi tumbuh mereka yang berada di tengah kerumunan rumput-rumput liar.
   Tumbuhan yang satu ini tergolong dalam kategori buah-buahan,karena memiliki rasa yang manis dan bentuk mungil menyerupai buah kersen.Rasanya yang bercampur antara asam,manis,dan getir,yang menjadi ciri khas buah ciplukan ini.Di balik bentuk mungil buah ini,tersimpanlah berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia,seperti mampu mengobati kencing manis,Kanker,dan masih banyak lainya.
    Kandungan kimiawai pada Ciplukan seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid. Secara klinis senyawa kimia pada ciplukan telah diuji dilaboratorium, dan dipercaya dapat  menyembuhkan berbagai penyakit. Senyawa kimia tersebut memiliki sifat, antara lain sebagai analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), dan  meredakan batuk.
   Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan. Semua bagian dari tanaman ciplukan dapat digunakan, yaitu mulai dari akar, daun, dan buahnya.  Ciplukan ini walaupun terasa pahit jika digunakan obat oral, namun tidak mempunyai efek berbahaya atau tidak mengandung zat racun.#apricgo


Sumber,Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support