Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Sejarah Dari Wayang Golek

Caping Gunung Indonesia-Wayang Golek diperkirakan pertama kali diperkenalkan pada abad ke 17 dan digunakan oleh Sunan Kudus untuk menyebarkan islam di masyarakat. Pada saat itu bahasa yang digunakan adalah bahasa sunda. Cerita Wayang Golek sangat mirip dengan cerita versi wayang kulit yang juga terdapat di Jawa Timur maupun di Jawa Tengah. Beberapa cerita seperti ramayana dan mahabarata memiliki tokoh yang sama.
Pada zaman dahulu Wayang Golek juga digunakan sebagai salah satu media hiburan untuk rakyat biasanya. Wayang Golek di tampilkan di desa maupun di kampung-kampung untuk menghibur rakyat. Wayang Golek sering kita temukan terutama pada acara selamatan atau acara-acara lainnya.
Saat ini Wayang Golek nampaknya sudah mulai termakan oleh modernisasi, namun Wayang Golek tetap merupakan bagian dari sejarah bangsa indonesia. Wayang Golek saat ini banyak dijadikan sebagai cendramata atau kenang kenangan para wisatawan.

Tokoh tokoh Wayang Golek
Wayang Golek memiliki sekitar 22 tokoh yang pertama adalah Arjuna, Aswatama, Anoman, Bambang Sumantri, Bambang Kaca, Batara Bayu Batara Guru, Batara Kresna, Batara Rama, Bima, Cepot, Denawa Acung, Dawala, Denawa Cilangap Dan Denawa Huntu, Dewi Drupadi, Gatotkaca, Gareng, Nakula Sadewa, Yudistira, dan Semar Badranaya.#apricgo

Sumber,Berita Indonesia

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support