Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil
Asupan gizi yang cukup untuk ibu hamil tidak hanya dengan mengonsumsi susu formula, namun harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah - buahan, salah satu buah yang memiliki segudang manfaat adalah kurma.
Caping Gunung Indonesia - Banyak yang harus dipersiapkan saat akan menyabut datangnya buah hati dan datangnya puasa ramadhan, dari mempersiapkan segala perlengkapan hingga persiapan fisik pun harus ditata dengan matang. Apalagi ibu hamil mempunyai kondisi yang sangat berbeda dengan keadaan - keadaan seperti biasanya.

Asupan gizi yang cukup untuk ibu hamil tidak hanya dengan mengonsumsi susu formula, namun harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah - buahan, salah satu buah yang memiliki segudang manfaat adalah kurma. Tidak hanya baik untuk kesehatan, perbanyak mengonsumsi kurma untuk ibu hamil juga akan berdampak positif. Selain itu kurma juga bermanfaat untuk bunda yang sedang menyusui.

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui

1. Menambah energi

Dalam satu butir kurma mengandung 1,8-2 persen, serat 2-4 %, glukosa 50-57 %, karena kandungan glukosa yang lebih banyak hal inilah yang menyebabkan kurma memberi energi dalam tubuh. Bukan hanya saat hamil, pasca melahirkan pun mengonsumsi kurma dapat menggembalikan energi yang terkuras selama proses melahirkan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Pada saat hamil, pencernaan akan sering terganggu. Dengan mengonsumsi kurma untuk ibu hamil muda Anda tidak perlu khawatir dengan sistem pencernaan karena kurma kaya akan vitamin dan kandungan gula alami yang tidak dimiliki oleh buah - buah lainnya.

Selain itu buah kurma juga mengandung serat, sehingga melancarkan proses BAB. Jangan menyepelekan BAB, karena ibu hamil yang baru selesai melahirkan dilarang mengejan ketika BAB agar jahitan tidak robek.

3. Mengecilkan rahim

Kurma mengandung hormon potuchsin, hormon ini membantu mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga rahim dapat mengecil kembali.

4. Melancarkan ASI

Pada saat bayi lahir, pemberian ASI ekslusif sangat dianjurkan hingga bayi berusia 2 tahun. Karena ASI tidak bisa tergantikan oleh apapun, bahkan susu formula yang sangat mahal sekali. Mengonsumsi kurma juga dapat membantu melancarkan ASI karena kandungan didalamnya, baik ibu hamil atau menyusui sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

5. Membantu pemebentukan gigi

Manfaat kurma ini tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil tetapi juga dirasakan oleh janin di dalamnya. Kurma mengandung banyak kalsium sehingga membantu merangsang pembentukan gigi pada janin. Untuk itu agar anak cepat tumbuh giginya, bunda harus rajin mengonsumsi kurma saat hamil.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena kurma mengadung hormon - hormon yang berfungsi untuk menguatkan ibu yang sedang mengandung.

Kandungan zat besi dan kalsium

Kandungan zat besi dalam kurma dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh sehingga jika zat besi dalam tubuh terpenuhi akan meningkatkan produksi hemoglobin dan sel darah merah dengan demikian peredaran darah akan lancar dan mencegah ibu hamil mengalami anemia. Selain zat besi, kandungan kalsium yang ada dalam kurma dapat membantu menguatkan tulang ibu hamil serta pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi dalam rahim. Selain itu juga dapat mengaktifkan sel - sel otak pada janin. Kalsium yang terdapat pada sari buah kurma dapat mencukupi kebutuhan ibu hamil.

Kandungan Hormon Potuchin

Hormon potichin yang terdapat dalam buah kurma mampu mengurangi pendarahan setelah melahirkan karena hormon tersebut mengikat rahim dan otot rahim. Hormon tersebut juga memacu kontraksi yang terjadi di pembuluh darah vena pada sekitar payudara ibu hamil yang berfungsi untuk menghasilkan air susu ibu (ASI), jadi bisa dikatakan bahwa kurma dapat memperlancar ASI.

Kandungan Hormon Oksitosin

Hormon ini bekerja merangsang kontraksi otot polos di dinding rahim selama coitus dan melahirkan, hal ini lah yang dapat membantu lancarnya proses melahirkan. Hormon yang diproduksi oleh neurohipofisa ini dapat menyatu dengan reseptornya dengan jalan kontraksi otot yang teratur dan bertahap, jadi bisa mengakibatkan perluasan leher rahim sehingga proses kelahiran menjadi lancar.

Kandungan fiber dan serat

Pada sari buah kurma kandungan fiber dan serat sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah - buah lainnya. Fiber bermanfaat sebagai proses pembungan sehingga saat bersalin tidak ada sisa - sisa makanan berupa tinja yang menumpuk di usus yang dapat memperlambat proses bersalin. Hal ini dapat membantu melindungi selaput lendir usus dan dapat mengikat bahan kimia sehingga mengurangi resiko kanker usus besar.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil, masih banyak berbagai manfaat lain yang terkandung dalam buah kurma. Proses persalinan secara normal yang lancar merupakan dambaan bagi setiap ibu hamil. #Lilis_cgo

Sumber, Berita Indonesia

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support