Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Danau Ajaib Bekas Galian Tambang

Danau Ajaib Bekas Galian Tambang


Caping Gunung Indonesia - (Tanjung Pandan)Banyak traveler bilang, Danau Kaolin di Pulau Belitung adalah kembarannya Kawah Putih di Ciwidey. Namun alih-alih belerang, warna biru danau tersebut berasal dari zat kimia bekas penambangan kaolin atau clay.

Berjuluk 'Negeri Laskar Pelangi', Belitung terkenal oleh deretan pantai penuh batu granit yang cantik. Namun selain itu, pulau ini juga punya danau cantik berwarna biru yang disebut Danau Kaolin.

Ada beberapa Danau Kaolin yang tersebar di pulau ini. Ya, semuanya merupakan bekas penambangan kaolin atau clay. Salah satu danau yang terkenal cantik berjarak tempuh sekitar 20 menit dari Kota Tanjungpandan.

Kombinasi bebatuan putih dan air danau biru toska membuat Danau Kaolin sangat fotogenik. Sebuah saung untuk beristirahat dibangun di pinggirnya. Turis bisa berfoto dan menikmati pemandangan.

"Danau ini belum resmi jadi objek wisata, jadi tidak ada tiket masuk," tutur Ferry, pemandu yang mengantar rombongan wartawan berkeliling Belitung beberapa waktu lalu.

Meski begitu, tak sedikit wisatawan yang penasaran dan betah berlama-lama di tempat ini. Beruntung, tak ada bau atau senyawa kimia yang tercium di udara layaknya belerang. Tak heran tempat ini jadi sasaran wisata fotografi di Pulau Belitung. #nurul_cgo

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support