Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Ayat Allah: Filosofi Logo YACAPIN dalam Keterkaitannya

Ayat Allah: Filosofi Logo YACAPIN dalam Keterkaitannya
"Bumi, langit, dan semua wujud / sifat / karakter apa yang ada adalah "tanda" bahwa eksistensi "Allah" itu tidak bisa disanggah dan benar adanya."
Caping Gunung Indonesia - YACAPIN adalah Yayasan Capil Indonesia. Ayat berasal dari bahasa Arab "ayatun" artinya "tanda". Sedangkan Allah merupakan satu konsep yang dapat dijumpai secara universial pada setiap bangsa dan agama. "Allah" berasal dari bahasa Arab sama dengan kata "El" dari Kanaan senada dengan kata "Elohim" bahasa Ibrani, adalah Pencipta dan Penguasa alam seisinya.

Maka pada hakekatnya, eksistensi (keberadaan) apa saja di alam ini adalah perwujudan dari Allah. Bumi, langit, dan semua wujud / sifat / karakter apa yang ada adalah "tanda" bahwa eksistensi "Allah" itu tidak bisa disanggah dan benar adanya.

Logo adalah identitas diri suatu perkumpulan / lembaga / organisasi. Kata logo berasal dari bahasa Yunani, yaitu “logos” yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Karena itu, setiap logo pasti memiliki arti / makna / nilai filosofinya masing-masing.

Filosofi atau filsafat berasal dari kata "philosohia / philoshopos" bahasa Yunani yang diartikan sebagai  cinta dan kebijaksanaan. Filosofi (filsafat) mengajak / mendorong / memotivasi pengikutnya untuk mewujudkan suasana kedamaian dengan penuh cinta dan bijaksana bukan peperangan / perseteruan.

Filosofi Logo YACAPIN:

  1. Bingkai merah bermakna sebagai "amarah, kebencian, kesombongan, dan semacamnya".
  2. Tengah hitam adalah gelap. Bermakna "jahat, bangsat, biadab, dan sejenisnya".
  3. Hijau dan Putih. Hijau artinya "damai, tulus, ikhlas, dan semua sinonimnya". Sedang putih artinya "terang, jelas, nyata, dan apa saja yang sepadan".
  4. YACAPIN memiliki wujud, sifat, dan karakter merah hitam dimana akan, sedang, dan terus berupaya agar bisa menjadi hijau putih.
  5. YACAPIN sadar benar akan keberadaannya digambarkan pula dengan 7 item (1 caping + 2 lingkaran + 4 gambar seperti bulan sabit = 7), sedang kata "YACAPIN" sendiri berjumlah 7 huruf. Apa artinya? Alloh itu satu, berarti Alloh itu ganjil dan 7 itu juga ganjil.
Selaras dengan 5 filosofi dan terutama filosofi ke-5 di atas, Allah-pun dalam Al-Kitab telah mengisyaratkan sebagian rahasia keganjilan-Nya:
  • "Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit." (QS. 2/Al-Baqoroh: 29)
  • "Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun, yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis." (QS. 67/Al-Mulk: 2-3)
  • "Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis?" (QS. 71/ Nuh: 15)
Pakar Islam berkebangsaan Turki, Prof. Harun Yahya menafsirkan tujuh lapis langit dengan menganologikan atmosfir sebagai wujud langit. Analogi tersebut sangat mungkin sebab secara ilmiah atmosfir juga terdiri dari tujuh lapis. Setiap lapisan atmosfir dari yang paling bawah hingga paling atas mempunyai batas-batas yang tegas. Selain itu tingkat suhu pada masing-masing atmosfir berbeda-beda.

Tujuh lapisan atmosfir yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Troposfir (atmosfir paling bawah), merentang di ketinggian 1618 km di wilayah tropis. Suhunya berkisar 57 derajat dibawah nol Celcius. Di atmosfir yang terdekat dengan bumi inilah perubahan-perubahan cuaca terjadi.
  2. Stratosfir (atmosfirkedua). Letaknya di ketinggian 50 km dengan suhu berkisar 0 derajat celcius. Suhunya dalam lapisan atmosfir kedua ini tidak lebih tinggi dari itu sebab "didinginkan" sinar ultraviolet. Sewaktu proses pendinginan ini berlangsung, muncullah lapisan ozone yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.
  3. Mesosfir (atmosfir ketiga). Letaknya di ketinggian 80 km. Di sini suhunya bisa menurun hingga 73 derajat di bawah nol celcius.
  4. Termosfir (atmosfir keempat). Suhunya mencapai 1232 derajat Celcius, kembali naik sesuai dengan ketinggian letaknya: 480 km.
  5. Lonosfir (atmosfir kelima). Inilah atmosfir yang berperan penting dalam kelangsungan komunikasi di bumi. Sebab Ionosfir memantulkan kembali gelombang radio ke bumi.
  6. Exosfir (atmosfir keenam). Letaknya yang di atas ketinggian 500 km menjadikannya menyatu dengan gas-gas antariksa. Molekul-melekul yang melesat dengan cepat memungkinkannya lepas dari gaya tarik bumi, lalu bertabrakan dengan molekul-molekul lain; dan
  7. Magnetosfir (atmosfir ketujuh). Letaknya antara 3000 hingga 30.000 km, tepatnya di zona radiasi yang mengandung partikel-partikel ber-ion energi tinggi. Inilah zona yang disebut sabuk radiasi Van Allen. Mengapa lapisan ini dinamakan Magnetosfir? Sebab ion-ion dan patikel-partikel atom di bentangan ini nyaris sepenuhnya dikendalikan oleh lapangan magnetik bumi.
Logo YACAPIN sekaligus merupakan pengakuan bahwa dirinya tidaklah sempurna. Kesempurnaan itu hanyalah milik Allah Pencipta. Alam seisinya hanyalah ciptaan yang pada hakekatnya sama sekali tidak ada daya. Wallohua'lam.#edy.cgo

Sumber, Berita Indonesia


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support