Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Momentum 1 Muharram 1437 H

Momentum 1Muharram 1437 H

Bulan Muharram atau dikenal dengan Suro merupakan bulan yang mulia. Maka tidak sepantasnya apabila kaum muslimin mempunyai anggapan miring terhadapnya, dengan menjadikan sebagai bulan keramat. Sehingga menyeret mereka jatuh ke lembah kesyirikan, dengan melakukan acara-acara yang merupakan cerminan dari keyakinan mereka yang keliru. Akibatnya dosa yang disandang semakin banyak karena dilakukan pada bulan yang mulia.
Caping Gunung Indonesia - Setiap tanggal 1 Muharram kaum Muslim merayakan Tahun Baru Hijriyah. Lazimnya, umat Islam mengadakan pengajian, tablig akbar, ceramah, juga “pawai obor” yang biasanya melibatkan anak-anak.

Perayaan ini akan menjadi tonggak persatuan umat. Umat Islam akan menunjukkan jati dirinya. “Kegiatan itu akan menjadi syi’ar agama Islam,” 

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah yang pada tahun ini bertepatan jika tidak salah 

terjadi pada Kamis,15 Oktober 2015,semoga akan sanggup membawa kesadaran masyarakat terhadap makna sesungguhnya, yang tak lepas peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

“Peringatan pada tahun ini juga diharapkan bisa mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik,”Kalimat “mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik” patut kita garisbawahi. Pasalnya, itulah makna tahun baru Islam yang sebenarnya.

Setiap memasuki tahun baru Islam, kaum Muslim hendaknya memiliki semangat baru untuk merancang dan melaksanakan hidup ini secara lebih baik.

Peristiwa HIJRAH umat Islam dari Makkah ke Madinah bukan saja mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan, tapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum Muslim pada umumnya.

Maka, seyogianya dalam memaknai tahun baru Islam ini, kita menggali kembali hikmah yang terkandung di balik peristiwa hijrah yang dijadikan momentum awal perhitungan Tahun Hijriyah.#Yunia_cgo


#Dikutip Dari Banyak Sumber

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support