Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

SENI JARANAN SETYO AMONG BUDHOYO, JARANANE WONG TRENGGALEK



" SETYO AMONG BUDHOYO KEMBALI MENGHIBUR PARA PECINTA SENI JARANAN PADA TANGGAL 5 OKTOBER 2019 MALAM SAJA , DI DESA NGARES "


Caping Gunung Indonesia - seni jaranan setyo among budhoyo akan kembali tampil hari sabtu malam  pada tanggal 5 oktober 2019 di desa ngares.
SETYO AMONG BUDHOYO Jaranan  yang berasaldari desa ngares trenggalek, jawa timur .
setyo among budhoyo di bentuk oleh para pemuda dan pemudi dari desa ngares.
setyo among budhoyo di bentuk karena untuk melestarikan kesenian jaranan supaya tidak di ambil  negara lain. Momen yang paling dinanti sekaligus yang menjadi keunikan dari seni jaranan setyo among budhoyo  ialah ketika para penari kesurupan lantas mereka menari tanpa sadarkan diri. Hal yang lebih wow dari setyo among budhoyo adalah ketika anak anak bujang ganong yang menampilkan atraksi atraksinya dengan segala kebanyolannya . Para penari bisa kesurupan karena memang roh-roh halus “sengaja” didatangkan pada saat pertunjukkan jaranan. Selain sebagai sarana hiburan, seni jaranan juga dijadikan alat oleh masyarakat setempat untuk berkomunikasi dengan para leluhur mereka. gambuh adalah , orang yang bertugas memanggil roh-roh leluhur untuk kemudian masuk ke raga para penari. Gambuh jugalah yang nantinya menyembuhkan para penari dari kesurupan.
selain kepang dor, juga menampilkan, kucingan, macan putih, kera , bujang ganong, bantengan, dan rampak barong .
yang menari di dalam jaranan setyo among budhoyo bukan hanya orang orang dewasa namun anak anak pun juga ikut serta memeriahkan dalam pentas seni jaranan setyo among budhoyo.
setyo among budhoyo bukan hanya pentas di dalam kota trenggalek saja namun setyo among budhoyo juga biasa pentas di luar kota trenggalek, seperti di ponorogo, jombang,dsb.
jaranan setyo among budhoyo memang berbeda dari seni jaranan yang lain, ia memiliki keunikan sendiri dan bisa memikat para penonton yang melihatnya .
jaranan setyo among budhoyo bukan hanya di kenal di dalam kota trenggalek saja namun sudah banyak dikenal di kota kota lain.
seni jaranan setyo among budhoyo begitu  Mengikuti perkembangan zaman, kini dalam setyo among budhoyo  pertunjukkan seni jaranan  ini memasukkan unsur modern di dalamnya. Walaupun ada unsur modern, tetap saja jaranan   setyo among budhoyo  tidak meninggalkan hakekat aslinya. Dalam pertunjukkannya musik tradisional dipadupadankan dengan musik dangdut. Adanya musik dangdut inilah yang membuat masyarakat semakin tertarik untuk menonton.
sumber : Puri_Cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support