Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Ayam Lodho Khas Trenggalek

Ayam Lodho Khas Trenggalek

"Selain cabai yang utuh itu, dalam ada juga yang ditumbuk, karena lodho ya harus pedas. Namun tingkat pedasnya disesuaikan dengan selera masing-masing, kalau di warung saya pedasnya dijamin nendang," imbuhnya.
Caping Gunung Indonesia - Trenggalek tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang memukau, namun sajian kuliner khasnya juga mampu memanjakan lidah. Salah sah satu yang paling banyak diminati adalah masakan ayam lodho.

Bila Anda sedang libur panjang, ada baiknya mencicipi ayam lodho ini. Masakan ayam berkuah santan ini memiliki cita rasa gurih pedas dan cocok untuk disantap dengan nasi bersama urap. Kekuatan rasa yang khas tersebut menjadikan masakan lokal ini menjadi buruan wisatawan maupun warga pada umumnya.

Salah satu pemilik kedai ayam lodho, Iip Wira Negara, saat ditemui detikcom di tempat usahanya di Jalan Yos Sudarso, Trenggalek, Jumat (16/2/2018) malam mengatakan, salah satu pembeda antara masakan lodho dengan ayam lainnya adalah cara pengolahan.

"Kalau masakan kari itu kan direbus, sedangkan ayam lodho ini prosesnya dua kali, yang pertama dipanggang kemudian setelah matang baru direbus bersama dengan bumbu rempahnya," katanya.

Menurutnya, masakan khas Trenggalek ini memiliki rasa yang cenderung pedas dibanding masakan sejenis. Taburan cabai utuh yang dimasak bersama dengan kuah santan menjadikan sensasi pedasnya semakin kuat.

"Selain cabai yang utuh itu, dalam ada juga yang ditumbuk, karena lodho ya harus pedas. Namun tingkat pedasnya disesuaikan dengan selera masing-masing, kalau di warung saya pedasnya dijamin nendang," imbuhnya.

Pemilik kedai ibu negara ini mengaku, sajian lodho banyak dijual oleh pengusaha warung makan di Trenggalek. Mmulai dari pusat kota hingga kawasan pedesaan. Maka tak heran jika masakan tersebut terkenal hingga ke luar daerah.

"Ke Trenggalek tidak lengkap kalau belum menyantap ayam lodho. Masakan ini juga menjadi pemersatu sekaligus hal yang paling 'ngangenin' bagi warga Trenggalek yang ada di luar kota," ungkapnya.

Harga Satu porsi ayam lodho lengkap dengan urap serta nasi, rata-rata dijual Rp20 ribu. Rasa ayam yang lembut serta gurih dengan senasi pedasnya dijamin akan memanjakan lidah penikmatnya.

Sementara salah satu pecinta ayam lodho, Iranti Putri mengatakan, masakah khas Trenggalek tersebut menjadi salah satu menu favoritnya. "Saya suka ayam lodho karena lebih lunak, pokoknya lebih nikmat dibanding masakan lain,"#nur_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support