Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Tanah Longsor di Trenggalek, Jalur Penghubung Dua Kecamatan Terputus



Caping Gunung Indonesia - tanah longsor yang memutus total jalur utama penghubung antara Kecamatan Kampak dan Kecamatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (23/1/2018), membuat pembersihan material longsor belum bisa dilakukan. Warga terpaksa membuat jalan setapak di atas material longsor meski kondisinya masih dalam status bahaya.

“Hari ini kami masih sebatas melakukan koordinasi bersama beberapa pihak. Sebab, sampai saat ini tanah masih labil dan masih dalam proses penelitian oleh tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Trenggalek, Muhammad Sholeh, di lokasi.

Ketebalan material longsor berupa tanah dan pohon menutup seluruh badan jalan dengan ketebalan mencapai 5 hingga 10 meter, sedangkan panjang material longsor mencapai 200 hingga 300 meter. Selain itu, kondisi tanah yang masih labil ditambah cuaca sering turun hujan menyulitkan rencana pembersihan material longsor.

“Material longsor ini sangat banyak sekali. Kondisi tanah juga masih labil sehingga sangat hati-hati untuk menentukan dan melakukan proses pembersihan material longsor,” ujar Muhammad Sholeh. “Kemarin dan hari ini kami sudah meneliti secara detail. Untuk pembersihan material masih sangat rawan karena kami menemukan ada beberapa retakan yang berpotensi longsor susulan. Pembersihan bisa dilakukan mulai besok, diawali membersihkan material yang menutup aliran air,” ucap Farma Feradi, peneliti dari UGM. #shelyntian_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support