Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Murid TK Pertiwi dan KB Mutiara Jalan-jalan ke Alun-alun Kota Trenggalek

 
Caping Gunung Indonesia - Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Hari ini Anak-anak TK Pertiwi dan PAUD Mutiara Sumbergedong jalan-jalan ke Alun-alun kota Trenggalek. Dimulai dari jal & anak-anak berkumpul disekolahan, sambil menunggu teman yang belum datang, anak-anak bermain di sekolahan. 
 
Anak-anak berangkat ke Alun-alun dengan diantar oleh orang tua. Bapak/Ibu guru mengikuti di belakang. Sesampai di alun-alun anak-anak sangat senang dan langsung berlarian kesana kemari. Ada yang bermain ayunan, seluncuran dan bermain pasir. Anak-anak terlihat sangat gembira. setelah bermain anak-anak istirahat dan memakan bekal masing-masing. Lalu kami pun pulang kerumah. oh yaa ada beberapa manfaat untuk anak bermain diluar ruangan. . 
 
 
 
Beberapa manfaat dari bermain di luar rumah adalah:
 
1. Mendukung pertumbuhan tulang anak
Bermain di luar rumah dapat menjadi kesempatan anak untuk menerima sinar matahari. Di mana, sinar matahari membantu meningkatkan vitamin D pada tubuh yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Ini merupakan manfaat yang tidak bisa anak terima jika hanya bermain di dalam rumah. Membiarkan anak bermain di luar rumah dan terpapar sinar matahari selama 10-15 menit saja sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D untuk pertumbuhan tulangnya.
 
 
2. Mendorong anak untuk berolahraga
Banyak aktivitas yang bisa anak lakukan di luar rumah. Ruang yang luas tidak membatasi anak untuk melakukan apa saja, seperti berlari, melompat, bersepeda, dan lainnya. Secara tak sadar, ini juga merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan untuk anak. Hal ini tentu dapat membuat anak lebih aktif bergerak dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.
 
 
3. Merangsang kreativitas dan imajinasi
Alam dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak lebih luas, dibanding anak hanya melihat layar hp, komputer, atau televisi. Anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, tidak hanya melihat, tapi juga menyentuh, mencium, dan mendengar, sehingga lebih banyak mengaktifkan indera mereka. Hal ini dapat membuat anak berpikir lebih luas, sehingga bisa menciptakan kreativitas dan imajinasi yang juga lebih luas.
 
 
4. Melatih cara berpikir anak untuk menyelesaikan masalah
Bermain di luar (apalagi dengan teman) dapat menciptakan tantangan tersendiri untuk anak. Anak menghadapi masalah yang nyata dibandingkan hanya memecahkan masalah di video game. Hal ini kemudian dapat melatih anak berpikir untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Dengan begitu, anak akan terbiasa untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan menjadi lebih mandiri.
 
 
5. Melatih kepercayaan diri
Berinteraksi dengan dunia luar -dengan alam dan dengan teman bermainnya- dapat membangun kepercayaan diri anak secara perlahan. Anak butuh keberanian dan kepercayaan diri yang kuat untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru, mengenal lingkungan baru. Sehingga, bermain di luar bersama teman juga dapat melatih kepercayaan diri anak.
#nurul_cgo
 
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support