Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Pemandangan Indah Dari Canopy Trail


Caping Gunung IndonesiaTaman Nasional Gunung Gede Pangrango punya satu jembatan cantik yang bisa didatangi. Namanya Canopy Trail dan pemandangannya sungguhan indah!

Hal ini bisa kita lakukan dengan mengunjungi Canopy Trail Ciwalen yang berada dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Untuk ke Canopy Trail Ciwalen kita harus ke Pos Resort PTN Mandalawangi. Di sini, setiap pengunjung wajib melapor dan membayar retribusi. Untuk mengunjungi Canopy Trail Ciwalen per orangnya dikenakan Rp 37.500 dan wajib menggunakan guide tanpa guide dilarang masuk. 

Setelah membayar retribusi hujan deras turun kami pun menunggu hingga akhirnya hujan reda. Pak Edi yang akan menjadi guide kami telah siap untuk menemani kami.

Bersama Pak Edi, kami dipandu menuju canopy trail yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Pos Resort PTN Mandalawangi. Setelah berjalan tidak sampai 10 menit, kami tiba di canopy trail Ciwalen. Ini berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan tiang penyangga berupa 4 pohon Rasamala (Altingia excels) dengan diameter rata-rata 1,2 meter dan tinggi canopy trail berkisar 45 meter. Pak Edi membukakan pintu canopy trail dan mempersilahkan kami menikmati sensasi berjalan di atas canopy trail ini,

"hayuk atuh, dikeluarkan kameranya silahkan foto-foto," ucap Pak Edi.

Waktu itu baru rombongan kami saja yang mengunjungi canopy trail ini sehingga kami leluasa bergantian foto dengan latar jembatan yang menggantung dan pemandangan vegetasi hutan hujan yang sangat rimbun. Sebenarnya agak ngeri juga karena jembatan ini sedikit mengayun ketika menahan beban orang. Jembatan ini mampu menahan beban sebesar 300 kg atau setara dengan massa 5 orang, jadi pas banget sama kami yang cuma berlima.

Canopy Trail Ciwalen dibangun pada tahun 2010, pembangunannya bertujuan sebagai sarana penelitian satwa arboreal dan stratifikasi tajuk vegetasi. Diresmikan pada tahun 2011 oleh Menteri Kehutanan saat itu, Pak Zulkifli Hasan, awalnya hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti mahasiswa dan peneliti yang melakukan observasi hewan dan tanaman di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kemudian Canopy trail ini dibuka untuk umum sejak 2014.

Tak hanya narsis di jembatan saja karena setelah menyeberanginya kita akan disuguhkan sebuah air terjun bernama Ciwalen. Memang air terjunnya tidak terlalu besar namun airnya jernih dan segar selain itu konon katanya air terjun Ciwalen mempunyai khasiat menjadikan wajah awet muda.

Puas bermain air kami kami kembali menuju pelataran parkir untuk kembali ke Jakarta. Sebenarnya masih bisa mengunjungi Air Terjun Cibeureum yang berjarak 2,7 Km dari Pos Resort PTN Mandalawangi atau butuh waktu 1 jam berjalan kaki. Namun sepertinya kami sudah dipuaskan dengan sensasi canopy trail serta air terjun Ciwalen-nya.#Lilis_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support