Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

HIKMAH PEMBELAJARAN DARING

HIKMAH PEMBELAJARAN DARING
Caping Gunung Indonesia- Kegiatan belajar mengajar di Tanah Air berubah kala virus corona masuk ke Indonesia. Namun ada hikmah yang bisa diambil saat pemangku kebijakan negeri ini memutuskan kegiatan tersebut dilakukan di rumah secara online atau dengan model dalam jaringan (daring). 
Perbedaan aktivitas belajar mengajar dengan sebelum coronavirus disease 2019 atau Covid-19 datang menebar teror juga terjadi di Taman Kanak-kanak Pertiwi Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, kabupaten Trenggalek.  . Semuanya berubah 90 derajat, baik sistem pembelajaran siswa, model kerja guru hingga situasi sekolah. 
 Sekolah Taman Kanak-kanak ini beralamat di jalan P.Diponegoro no 92 Kelurahan Sumbergedong Trenggalek, dan berdiri sejak tahun 1972. Sebelum ada corona, sekolah tersebut senantiasa ramai oleh aktivitas bermain dan belajar para siswa usia anak. 
Ya, perubahan situasi itu mulai muncul setelah pemerintah menerapkan kebijakan social distancing bagi warga. Seluruh lembaga pemerintahan dan pihak terkait patuh terhadap imbauan Presiden Jokowi untuk meminimalisir aktivitas keluar rumah.

Hikmah Pembelajaran Daring

HIKMAH PEMBELAJARAN DARING Dengan adanya kejadian pandemi virus corona ini. Yang begitu jelas dirasa adalah terbangunnya komunikasi yang lebih intens antara guru dengan orang tua siswa. Karena proses belajar mengajar secara daring butuh peran serta orang tua siswa.
"Orang tua siswa berperan penting dalam pembelajaran sistem daring ini. Karena aktivitas murid di rumah terpantau secara online dan itu direkam oleh orang tua melalui smartphone,
Pada hari biasa atau sebelum corona mewabah,  guru lebih banyak berinteraksi dengan siswa siswi. Dan ketika KBM berubah dengan model daring, guru dan orang tua kompak untuk bersama melakukan kontrol atau pemantauan terhadap putra putrinya. 
Perubahan positif interaksi ini terjadi sehak tanggal 17 Maret 2020 atau sejak dimulainya instruksi belajar di rumah. Para guru menyajikan materi pembelajaran dan membahasnya di grup WhatsApp yang beranggotakan para orang tua siswa. #shelyn_cgo

sumber. berita Indonesia 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support