Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Ban Bisa Kedaluwarsa, Hoax kah ?

Ban Bisa Kedaluwarsa, Hoax kah ?
Caping Gunung Indonesia - Memilih ban yang tepat jadi satu kunci bagi setiap pengendara selamat di jalan. Mulai dari jenis ban, alur ban, hingga ukuran yang tepat jadi faktor penting. Tapi ada tidak sih ban yang kedaluwarsa?

Manager Training PT Sumi Rubber (Agen Pemegang Merek Dunlop di Indonesia-Red), Bambang Hermanu, mengatakan tidak ada ban yang mengalami kedaluwarsa. Meski demikian, ban yang terlalu lama disimpan bisa mengurangi fungsinya.

"Ada enggak sih ban kedaluwarsa? Kalau kita buka Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), kedaluwarsa itu hanya mencangkup 2 hal. Makanan dan obat-obatan selebihnya tidak ada kedaluwarsa-nya, seperti sepatu baju, atau ban ya tidak ada," ucap Bambang, di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
 "Tapi kualitas ban yang lama disimpan itu menurun atau tidak? Ya menurun," tambah Bambang.

Bambang menjelaskan, kualitas ban menurun karena disebabkan beberapa hal.

"Macam-macam penyebab kualitas ban menurun, ada karena faktor cuaca, daya tahan karetnya akan menurun kalau disimpan lama. Oleh sebab itu didalam ban anti penuaan dini atau diberikan anti-aging dalam bentuk lilin dan bahan ini akan akan dicampurkan dalam karet," kata Bambang.

Lalu bagaimana dengan ban cadangan yang notabene tidak dipakai langsung?
"Ban serep itu usianya berapa tahun? Ini tergantung cara simpannya ada yang didalam bagasi, kalau ada diddalam bagasi aman 10 tahun tidak ada masalah. Tapi ban cadangan yang berada di bawah dek, itukan terkena air hujan, terkena matahari atau berada di luar kaya mobil dengan konde, hanya 5-6 tahun ini akan menurun," ujarnya.

"Jadi tergantung cara menyimpannya. model konde itu memang ditutup, tapi depannya saja. Belakangnya kena oksidasi udara dsb. Sehingga kualitas ban akan berkurang," tambahnya. #Shelyntian
Sumber.Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support