Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Wacana Pemindahan Ibu Kota


 
Wacana Pemindahan Ibu Kota
 
 
 
Caping Gunung Indonesia - bBadan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah melakukan kajian pemindahan ibu kota ke luar Jakarta. Beban Jakarta yang semakin berat menjadi salah satu alasan pemerintah berencana memindahkan ibu kota.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya masih menunggu kajian daei Bappenas selesai.

"Kajian di Bappenas. Saya siapkan planning tapi belum spesifik, kita kaji semua," kata Basuki di Hotel Fairmont, Jakarta.Basuki menambahkan, ibu kota baru nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang layaknya Jakarta. Beberapa gedung pemerintahan juga akan dibangun di sana.

"Kalau mau pindah ya, kota baru bukan di Palangka Rayanya. Kota baru yang benar-benar dibangun. Semua kebutuhan kota, jalan," tutur Basuki.

Tujuan memindahkan ibu kota adalah mengurangi kepadatan di pusat pemerintahan. Jika ibu kota yang baru memiliki kepadatan yang tinggi maka tidak ada bedanya dengan Jakarta saat ini.

Basuki menambahkan, kajian yang dilakukan Bappenas hingga akhir tahun ini nantinya memutuskan apakah perpindahan ibu kota dilanjutkan atau tidak.

"Kajiannya cuma yes go or no go, pindah atau enggak. Pindah kenapa, enggak kenapa, nanti diputuskan. Itu political decision," tutup Basuki.   #nurul_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support