Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Rawat Pasien Anak Suspect Difteri, RSUD Trenggalek Siapkan Ruang Khusus

Rawat Pasien Anak Suspect Difteri, RSUD Trenggalek Siapkan Ruang Khusus

"Masuk ke rumah sakit dengan keluhan panas, nyeri telah serta adanya selaput putih di bagian dalam mulut,"
Caping Gunung Indonesia - RSUD dr Soedomo Trenggalek merawat seorang anak yang diduga terjangkit difteri. Pasien pun dirawat di ruang isolasi guna mencegah penularan.
Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek, Sujiono, mengatakan pasien suspect difteri ini masuk pada hari Senin (21/1).

"Masuk ke rumah sakit dengan keluhan panas, nyeri telah serta adanya selaput putih di bagian dalam mulut," ungkap SujionoPasien berusia 12 tahun dan berasal dari Kecamatan Tugu ini kemudian menjalani pemeriksaan awal, yang ternyata mengarah kepada suspect difteri. Setelah itu pasien langsung dibawa ke ruang isolasi.

"Jadi pasien ini masih terduga atau suspect difteri, meski demikian prosedur perawatan dan penanganan kami lakukan layaknya pasien yang sudah positif," tambah Sujiono.

Untuk memastikan penyakit yang diderita pasien ini, pihak RSUD Trenggalek juga mengirimkan sampel untuk Recta Swap di laboratorium di Surabaya. Hasil pengujian dimungkinkan akan keluar pekan ini. Sementara itu, pasien mendapatkan pengobatan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

"Serta mengobati keluhan yang menyertai misalkan panas atau nyeri telan, Kami menjaga agar kondisi pasien tidak turun," ujarnya.

Sujiono menambahkan, apabila hasil Recta Swab menyatakan positif terpapar bakteri Corynebacterium diphtheriae, maka harus dilakukan langkah penanganan lanjutan dengan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh orang yang sering berinteraksi dengan pasien.

"Jadi prosedurnya orang-orang dekat yang sering berinteraksi dengan pasien harus dilakukan recta swap. Sedangkan kalau hasilnya negatif ya tidak apa-apa," pungkasnya.#nur_cgo

Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support