Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Tradisi Lepas Lajang Ala Damkar Trenggalek



Tradisi Lepas Lajang ala Damkar Trenggalek


Caping Gunung Indonesia - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Trenggalek menggelar prosesi unik, nozel pora. Prosesi ini untuk mengantarkan salah satu anggotanya yang melepas masa lajangnya. Satu tim pemadam yang menggunakan seragam dan peralatan menyambut sang pengantin untuk menuju pelaminan. 

Prosesi unik tersebut dilakukan pada saat resepsi pernikahan salah satu anggota Damkar Trenggalek, Jefri Candra Setiawan dengan wanita pujaan hatinya Frillyan Selvana di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari Trenggalek. 

Satu tim pemadam pengawali prosesi dengan berbaris mulai dari titik penjemputan hingga pintu gerbang lokasi resepsi. Para penjinak api tersebut turut membawa nozel atau alat untuk menyemprotkan air pada saat proses pemadaman kebakaran. Sementara itu sang pengantin pria Jefri yang telah memakai baju pengantin khas Jawa menaiki mobil pemadam kebakaran menuju pintu utama resepsi. Dengan dikawal dua anggota berseragam oranye, Jefri melewati tim nozel pora secara perlahan-lahan. Semprotan air pun turut mengiringi langkah pengantin. 


Selanjutnya pengantin pria yang mengikuti rangkaian resepsi dengan tradisi adat Jawa dan dipertemukan dengan mempelai perempuan Frillyan Selvana. Koordinator Tim Damkar Trenggalek Mohammad Basuki mengatakan nozel pora tersebut sebagai salah satu bentuk ungkapan kebahagiaan dan penghormatan bagi salah satu anggotanya yang hendak membangun rumah tangga. 

"Kami persiapan sekitar 10 hari, kami juga harus gladi terlebih dahulu untuk menyesuaikan kondisi di lapangan. sedangkan pelaksanaan ini tadi sekitar 15 menit, kegiatan ini baru pertama kami lalukan di wilayah Trenggalek," kata Basuki.

Menurutnya, prosesi nozel pora tersebut dipastikan tidak menganggu tugas utama dari seluruh tim pemadam kebakaran yang ada di Trenggalek. Karena seluruh anggotanya masih tetap siaga terhadap potensi kejadian kebakaran. 

"Saat kami ke lokasi pengantin ini pun juga dalam kondisi siaga, sehingga apabila ada kebakaran kami juga sudah siap. Setelah nozel pora kami langsung balik kanan kembali ke markas," katanya. Sementara itu anggota pemadam kebakaran yang menikah, Jefri mengaku bahagia karena seluruh rangkaian pernikahannya mulai dari ijab kabul hingga prosesi nozel pora bisa terlaksana dengan lancar. 

"Sebetulnya konsep nozel pora sudah ada sejak lama, kebetulan kami terinspirasi dari teman-teman di Damkar Malang yang sudah beberapa kali melakukan nozel pora. Kemudian kami aplikasikan di sini, Ahamdulillah sukses," ujar Jefri. 

Ia mengaku, apresiasi timnya dalam kegiatan tersebut menjadi kebanggan tersendiri, terlebih pada saat-saat momen bahagia pernikahan. Pihaknya berharap pengabdiannya selama lima tahun terakhir di tim penjinak api menjadi penyemangatnya dalam mengabdikan diri kepada keluarga barunya. 

"Tentu saya bangga dan bahagia, semua berjalan degan baik. Saya pacaran dengan Jefri sekitar satu tahun," ungkap istri Jefri, Frillyan Selvana. #nurul_cgo.


Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support