Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

SETYO AMONG BUDHOYO BINTANG IDOLANYA JARANAN INDONESIA ASLI DESA NGARES




 Setyo among Budhoyo diketuai oleh Reta Putra Dian Santoso, yang merupakan pemuda asli Trenggalek yang tinggal di Desa Ngares.


Caping Gunung Indonesia - Setyo Among Budhoyo merupakan seni jaranan yang berasal dari Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Setyo among Budhoyo diketuai oleh Reta Putra Dian Santoso, yang merupakan pemuda asli Trenggalek yang tinggal di Desa Ngares.

Jaranan adalah kesenian tari tradisional yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang tebuat dari anyaman bambu. Selain kaya akan nilai seni dan budaya, tarian ini juga sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritual. Tari Jaranan ini merupakan kesenian yang sangat terkenal di Jawa Timur, di beberapa daerah di Jawa Timur kesenian jaranan ini masih tetap hidup dan di lestarikan.Dalam pertunjukannya, Tari Jaranan ini dilakukan oleh sekelompok penari dengan pakaian prajurit dan menunggangi kuda kepang. Sambil menunggangi kuda tersebut mereka menari dengan gerakan yang dinamis dan selaras dengan music pengiringnya. Selain menari mereka juga memainkan kuda kepang dengan gerakan yang variatif. Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini juga diiringi oleh berbagai music gamelan seperti kenong, kendang, gong dan lain - lain. Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini sangat kental akan kesan magis dan nilaispiritualnya. Sehingga tidak jarang pada saat pertunjukan para penari mengalami trance atau kesurupan. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat jawa pada jaman dahulu akan roh – roh para leluhur. Sehingga masyarakat menjadikan Tari Jaranan ini sebagai alat komunikasi dengan leluhur mereka. 

Seperti Setyo Among Budhoyo yang sangat bangga dapat menghibur masyarakat khususnya warga Trenggalek, di Desa Sambi dan di Desa Bendungan. Setyo Among Budhoyo untuk awal tahun 2019 saja sudah memiliki jadwal tepatnya tanggal 1 Januari 2019, Setyo Among Budhoyo akan menghibur para pecinta seni jaranan di Desa Ngares.
Setyo Among Budhoyo sangat bangga dapat menghibur masyarakat Trenggalek dan menerima job tidak hanya di daerah Trenggalek saja, tetapi juga di luar daerah Trenggalek dengan menghubungi nomor 082338013064. #nur_cgo

Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support