Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Bermain Sambil Belajar Bersama TK Pertiwi Sumbergedong Yuuk...


Bermain Sambil Belajar Bersama TK Pertiwi Sumbergedong Yuuk...

Caping Gunung Indonesia - Hari ini Anak-anak TK Pertiwi Sumbergedong jalan-jalan lagi ke Green Park. eeiits tapi tidak hanya jalan-jalan, di sana mereka juga belajar. Ketepatan tema yang dibahas pada hari ini adalah tema Tanaman. Di taman anak-anak menjumpai banayak jenis tanaman, seperti Bunga, Rumput dll. Anak-anak dapat menyabutkan berbagai macam tanaman dengan senang. Selain itu anak-anak juga menjiplak daun kering yang jatuh. Setelah dijiplak anak-anak mewarnainya dan dihiasi dengan sesuka hatinya. Sebenarnya apa saja manfaat bermain sambil belajar ??
 
 
Bermain Sambil Belajar Bersama TK Pertiwi Sumbergedong Yuuk...Bermain Sambil Belajar Bersama TK Pertiwi Sumbergedong Yuuk...
 
 
Banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh anak dari bermain di luar ruangan. Dengan bermain di luar ruangan, anak mendapatkan kebebasan untuk bergerak. Mereka lebih bebas melakukan kegiatan berlari, melompat, menendang, dan kegiatan fisik motorik kasar lainnya.

Hal ini baik untuk kebugaran, kesehatan dan perkembangan fisik anak. Dengan bergerak bebas, anak dapat menggunakan secara optimal seluruh bagian tubuhnya. Jika motorik kasar anak terampil, maka ia akan lebih mampu mengendalikan motorik halusnya.

Selain itu, bermain di luar raungan berarti mendekatkan anak dengan alam. Anak dapat melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan alam, seperti membuat dekorasi dari daun, ranting atau batu untuk pengenalan warna, bentuk dan tekstur.

Selain itu, kegiatan yang dapat dilakukan adalah melihat awan, menikmati angin yang bertiup, atau pengenalan satwa dan tanaman. Kegiatan ini dapat melatih anak untuk lebih peduli dengan lingkungan, sehingga ia mempunyai kesadaran untuk menjaganya seiring dengan tumbuh dewasanya anak.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan bermain di luar ruangan adalah dapat meningkatkan kemampuan intelektualitas, berpikir kritis, serta kreatif. Bermain di luar ruangan membantu anak untuk lebih berfokus di kelas, juga dapat meningkatkan ketrampilan memecahkan masalah, memicu kreativitas serta melihat sesuatu hal dari cara pandang yang berbeda. Ketika anak dapat melihat langsung benda yang diamatinya di alam, maka ia akan mempelajari sesuatu yang lebih konkret, tidak abstrak hanya dari media gambar saja. Hal ini akan meningkatkan pemahaman anak akan pengetahuan barunya.

Berbagai permainan kreatif yang dapat dilakukan di luar ruangan juga akan membuat anak lebih dapat mengekspresikan diri, meningkatkan kepercayaan diri, dan lebih mampu berimajinasi dengan benda di sekitar untuk dijadikan alat permainan.

Ruang terbuka juga memungkinkan anak-anak untuk bergerak secara aktif dan melakukan berbagai kegiatan yang lebih menantang. Hal ini disinyalir dapat membuat selera makan anak menjadi lebih baik. Anak juga akan tidur lebih nyenyak, jika mereka mendapat udara segar dan sinar matahari yang cukup.

Melalui permainan yang dilakukan di luar ruangan, anak dapat belajar bermain dalam kelompok. Hal ini dapat membuat anak berlatih untuk berbagi, bernegosiasi, menyelesaikan konflik, percaya diri, menjadi lebih tangguh, menjalin hubungan persahabatan yang sehat serta belajar tentang kepemimpinan.

Itulah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan kegiatan bermain di luar ruangan. Diperlukan peran guru dan orang tua untuk mengagendakan kegiatan bermain di luar ruangan secara rutin, berkala dan berkelanjutan. Akan lebih baik lagi jika guru atau orang tua terlibat langsung dalam permainan bersama anak, agar terjalin kebersamaan di antara mereka  #nurul_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support