Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Penjelasan Iptu Agustyo Tentang Penjagaan Keamanan Di Acara HAN Kabupaten Trenggalek




Caping Gunung Indonesia - Pada hari Jum'at tanggal 11 Mei lalu ada sebuah acara akbar yang digelar di pusat kota Trenggalek. Iptu Agustyo Kanit Digyasa Satlantas Trenggalek selaku aparat yang ditugaskan untuk mengawasi acara tersebut menjelaskan tentang keamanan di acara Gebyar Paud Trenggalek.




Sebagai penyelenggara acara pasti kita sangat menginginkan acara berjalan lancar. Namun, tidak menutupkemungkinan akan adanya ancaman dan Kekacauan dalam sebuah event.Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips dari para ahli keamanan untuk menjaga keselamatan diri jika kamu harus bepergian ke tempat yang ramai seperti konser, festival, atau keramaian umum lainnya seperti halte atau stasiun.

1. Sebelum datang ke acara, pelajari tentang bagaimana acara akan berjalan sebelum Anda menghadiri acara tersebut. Jika memungkinkan, download site map acara  yang tersedia di laman web penyedia acara.

2.  Luangkan waktu untuk mengetahui dimana letak pintu darurat terdekat di sekitar kamu.

3.  Selalu berjaga-jaga untuk mencari “ruang aman” di sekitar kamu—seperti gudang, ruang perlengkapan, atau ruangan kecil tanpa jendela lainnya yang bisa dikunci, yang bisa kamu gunakan untuk bersembunyi jika diperlukan.

4. Jika kamu melihat seseorang yang bertingkah aneh atau tidak wajar, beritahu staf acara atau petugas keamanan terdekat.

5. Saat terjadi kondisi darurat, Jangan panik, lindungi diri dengan apapun yang ada dan dengarkan pengumuman (aba-aba) jika ada.

6. Jika kamu harus keluar dari lokasi (dalam ruangan tertutup), tetap tenang dan segera keluar dari lokasi dari pintu keluar terdekat.

7. Jika aksi terorisme merupakan serangan bersenjata, segera masuk ke “ruangan aman”, kunci pintu, nyalakan lampu, dan jangan membuat suara apa pun. Biasanya, pelaku teror akan melewatkan sesuatu yang membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa menembus suatu ruangan kecil.

8. Jangan memisahkan diri dari kelompok. Jika kamu terjebak dalam kegaduhan, berpegangan pada tembok/tiang/pilar yang kokoh agar kamu nggak jatuh dan terinjak-injak.

9. Jika memungkinkan, jauhi kaca yang dapat pecah sewaktu-waktu dan menimbulkan bahaya fisik.

10. Jika pintu keluar terhalangi, siap-siap untuk memecahkan kaca jendela atau mencari alternatif jalan keluar lain secepat mungkin.

Bersenang-senang itu boleh, tapi jangan lupa untuk utamakan keselamatan diri

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support