Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Sensasi Pedas Nasi Gegok Khas Trenggalek

Sensai Pedas Nasi Gegok Khas Trenggalek


Caping Gunung Indonesia - Bingung cari sarapan pagi ini? Cobalah sensasi Sego Gegok. Salah satu makanan khas Kecamatan Bendungan, Trenggalek, ini layak dicoba. Sego Gegok ini awalnya dikenal sebagai bekal orang pegunungan untuk bekerja.

Namun kini, Sego Gegok menjadi makanan yang bisa dinikmati kapanpun. Olahan nasi yang yang dicampur dengan sambal teri maupun sambal tuna banyak dijual di kawasan pegunungan sisi utara Trenggalek. Harga satu bungkus nasi gegok ini cukup murah, karena hanya dijual Rp 3 ribu.

Salah seorang pedagang Sego Gegok, Indri mengaku proses pembuatan makanan khas ini berbeda dengan masakan lainnya. Nasi setengah matang yang telah ditanak sebelumnya dibungkus menggunakan daun pisang bersama dengan sambal teri maupun sambal tuna.

"Kemudian dikukus hingga matang, sehingga rasa sambalnya itu bisa menyatu dengan nasinya. Kalau dulu itu hanya sambal teri, tapi sekarang sudah ada variasinya pakai sambal tuna," katanya, Kamis (1/2/2018).

Sego Gegok dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan menjadi salah satu buruan saat berkunjung ke Kecamatan Bendungan dan sekitarya.

"Dulu itu awalnya yang jual di Desa Srabah, tapi sekarang sudah banyak yang jual, di sekitar Ngares menuju Bendungan ini saja sudah ada empat rumah makan yang jual Gegok," imbuhnya.

Salah seorang warga, Karunia mengatakan, masakan khas warga pegunungan ini cocok untuk penggila makanan pedas, karena nasi yang dicampur sambal tersebut benar-benar terasa pedas.

Dikatakan, Sego Gegok akan terasa lebih nikmat apabila dinikmati dengan lauk tempe maupun tahu goreng dengan minuman teh hangat. Terlebih bila dinikmati di kawasan pegunungan maupun persawahan.

"Untuk satu porsinya itu tidak begitu besar, kalau mereka yang suka pedas biasanya bisa nambah lagi," ujarnya.

Menurutnya, pada zaman dahulu Sego Gegog ini bukanlah masakah spesial yang banyak dijual di warung maupun rumah makan. Sego Gegok adalah bekal yang biasa dibawa oleh warga pegunungan untuk berkebun maupun mengolah lahan di kawasan hutan.

"Karena dibawa juga praktis, tidak perlu bawa rantang dan lain sebaginya. Tapi sekarang sudah terkenal, terlebih ketika Ibu Arumi ikut mempromosikan makanan ini, jadi tambah terkenal," katanya.#nurul_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support