Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Keinginan 2016 Ekspor Batik Meningkat 5%

Keinginan 2016 Ekspor Batik Meningkat 5%
Caping Gunung Indonesia - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Euis Saedah, menargetkan pertumbuhan ekspor batik tahun depan dapat meningkat lima persen, mengingat telah banyak pecinta batik yang terjun menjadi pengrajin batik Indonesia.

Industri pengrajin batik memberikan sumbangan pendapatan negara sekitar Rp2 triliun, dengan nilai ekspor US$2 juta, atau Rp29,4 miliar. Saat ini, usaha kecil menengah (UKM) pengrajin batik Indonesia sudah di atas 50 ribu, meski baru tercatat sekitar 49.700 pengrajin.

"Jumlah pengrajin batik yang tidak tercatat mungkin bisa dua kali lipat. Apalagi, muncul anak-anak muda menjadi pengusaha batik. Sudah ratusan," ujar Euis di Museum Tekstil Jakarta, Jumat 2 Oktober 2015.

Menurutnya, Indonesia kaya sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dan serat alami batik Indonesia. Batik juga bisa memanfaatkan limbah alam yg dapat menjadi nilai tambah.

Euis menilai, para desainer pakaian yang menyisipkan komponen batik dalam karyanya merupakan bentuk kemajuan dalam memperkenalkan batik ke seluruh lapisan masyarakat dalam negeri maupun internasional.

Hal tersebut, dipercaya dapat meningkatkan wirausaha baru di Indonesia yang berpotensi menjual produknya ke luar negeri. #Lilis_cgo
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support