Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Sholat Idul Adha di lapangan Sumbergedong - Trenggalek 23 September 2015

Khotib: Rohmad (Takmir Masjid Taqwa)
Caping Gunung Indonesia - Jamaah Idul Adha Rahimakumullah, Puji Syukur kehadirat Alloh SWT yang masih menganugerahkan kepada kita rahmat dan nikmatNya.Sebagai rasa terima kasih kita kepada Alloh Swt,pada hatri ini kita di perintahkan sholat (ibadah) dan korban.

Kurban secara harfiyah berarti mendekati/menghampiri, yang maksudnya kepada Alloh Swt.dapat di simpulkan bahwa makna Kurban adalah Rela melepaskan hak milik demi melaksanakan perintah Alloh Swt, mengutamakan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi,serta berjuang dan bekerja keras menegakkan kebenaran dan keadilan.

Jama'ah Idul Adha Rahimakumullah

Hari Raya Idul Adha bisa dikatakan sebagai momen istimewa bagi kaum miskin, lemah,tidak mampu, datangnya Idul Adha/Kurban berarti kesempatan mereka untuk merasakan "Kenikmatan".Salah satu yang terpenting dari ibadah Kurban adalah menuntut keberanian seseorang untuk berkorban demi kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Idul Adha adalah memperingati peristiwa Nabi Ibrahim di perintah Alloh Swt menyembelih puteranya Ismail,yang diabadikan Alloh dalam QS Ash Shafaat ayat 100-110 khususnya ayat 103,107,dan 106. Peristiwa itu oleh Alloh disebut " al bala' al mubin ", ujian yang nyata, karena Alloh menguji seberapa besar kekuatan iman Nabi Ibrahim.

Islam merekontruksi makna ritual kurban yang telah ada pra islam,dari persembahan kepada tuhan semata menjadi persembahan " Sesuatu yang di banggakan dan di cintai" ntuk di bagikan kepada yang membutuhkan.Manusia yang mengorbankan egonya inilah yang dalam kacamata moral akan mengantarkan pelakunya menuju puncak kesempurnaan manusia (insan kamil)

Fungsi kurban adalah menaklukkan tabiat binatang yang tidak bisa membedakan antara yang luhur dan yang nista,serta perjinakan atas nafsu setan yang mendekam dalam setiap diri manusia.Seseorang belum dikatakan telah berkurban secara hakiki jika sifat sifat kebinatangan masih tertonjol dalam dirinya.Seseorang baru dikatakan telah berkurban jika mau menyembelih sifat menang sendiri,serakah,korupsi,memakan yang lemah,dan sikap buruk lainnya menuju kesempurnaan manusia (takwa).

Semoga Idul Adha tahun ini mampu memunculkan semangat berkurban di antara anggota masyarakat.Meski Idul Adha hanya datang sekali dalam setahun, tetapi semangat berkurban tidak boleh hanya muncul sekali dalam setahun pula.Mudah mudahan kita bisa memetik hikmah Idul Kurban ini untuk memperbaiki masa depan kita dan kejayaan agama kita.Amin!! ## Makna Idul Adha #

#Yunia_Cgo :-)

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support