Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

How To Use Hijab Syar'i....???


How To Use Hijab Syar'i....???
Salah satu tuntunan dalam agama Islam bagi wanita muslim adalah memakai jilbab. Memakai jilbab merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi wanita muslim yang telah akil baligh. Menutup aurat seperti rambut hukumnya adalah wajib sesuai dengan perintah Allah SWT dalam QS. An Nuur ayat 31.

Caping Gunung Indonesia - Jilbab dalam pandangan Islam adalah menutup aurat seperti rambut sampai menutup dadanya. Tapi ada juga pendapat yang menyatakan bahwa jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh badan. Pada umumnya, masyarakat kita memahami jilbab sebagai penutup rambut dan dipakai bersama baju panjang yang menutup aurat.

Seorang wanita yang baik bagi pandangan Agama Islam ialah mereka yang mengamalkan nilai-nilai dan memahami ajaran Islam pada kehidupan sehari-harinya. Salah satu kepatuhan yang dimaksudkan tersebut adalah memakai jilbab.

Apa yang disebut jilbab itu? jilbab merupakan pakaian panjang yang dipakai dari atas kepala sampai menutupi badan kecuali wajah, tangan, dan kaki yang dikenakan oleh wanita muslim. Jadi jilbab bukanlah sesuatu yang hanya menutupi bagian kepala saja. Yang jelas jilbab merupakan identitas dari seorang muslim.karena seorang wanita muslim yang memakai jilbab akan mudah dikenali oleh muslim lainnya. Serta akan menjauhkannya dari gangguan. 

Beberapa syarat-syarat cara memakai jilbab ialah:

A. Jilbabnya lebar sampai menutupi dada,
B. Harus menutupi aurat,
C. Jilbabnya harus longgar dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh,
D. Tidak transparan,
E. Jika memakai make up tidak boleh tebal.

Bagaimana gunakan jilbab syar'i..??
1.Jilbab yang panjang dan tebal (tidak tipis dan tembus pandang)
    Sesuai dengan yang ada di dalam Al-Qur’an, jilbab yang syar’i itu menutupi dadamu. Tidak dililit ke atas     kepalamu atau dimodifikasi agar tidak panjang.

2. Menggunakan baju gamis atau baju yang longgar dan rok
   Sudah jelas dalam Al-Qur’an, kita diwajibkan untuk menggunakan baju kurung atau baju yang tidak ketat memperlihatkan bentuk tubuh kita saudara. Dan baju yang tidak ketat itu adalah gamis atau baju yang longgar dan rok. 

3. Don’t Punuk Unta
  Punuk unta? Apa itu punuk unta?? Para muslimah zaman sekarang menampakkan rambutnya yang digelungkan saat berhijab. Itulah yang dimaksud punuk unta.Lebih baik hindarilah memakai punuk unta saat berhijab ukhti. 

Mudah bukan untuk menggunakan jilbab syar’i yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Betapa Allah SWT sangat menjaga dan menyayangi diri kita. Tapi kita malah tidak menjaganya. Jagalah auratmu dari orang yang tidak berhak melihatnya.#Yunia_cgo

#Sumber, Menurut Berbagai Pendapat
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support