Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Cara Mempermudah Meminumkan Obat untuk Buah Hati

Penyebab anak susah minum obat bisa terjadi karena rasa obat yang pahit. Selain itu, bisa juga disebabkan karena pengalaman anak minum obat yang tidak menyenangkan.
Cara Mempermudah Meminumkan Obat untuk Buah Hati

Caping Gunung Indonesia - Saat si Kecil sedang sakit, semua orang tua pasti cemas. Terlebih, ia berubah jadi rewel, tak nyenyak tidur, dan tidak mau bermain seperti biasanya. Wajar saja jika orang tua segera membawanya periksa ke dokter. Namun, tantangan lain muncul, yakni Ibu kesulitan memberikan obat yang telah diresepkan dokter untuknya. Biasanya ia buru-buru menolak dan nangis menjerit-jerit saat mengetahui Ibu akan memberinya obat. Tak jarang, obat yang sudah siap di sendok untuk disuapkan kepadanya berujung tumpah karena ditampik olehnya.

Penyebab anak susah minum obat bisa terjadi karena rasa obat yang pahit. Selain itu, bisa juga disebabkan karena pengalaman anak minum obat yang tidak menyenangkan. Agar Ibu lebih mudah memberikan obat bagi si Kecil yang sedang sakit, tips berikut ini bisa dicoba.

Sabar dan tenang
Banyak orang tua yang ingin anaknya lekas sembuh sehingga bersikap tegang dan tergesa-gesa saat memberikan obat untuk si Kecil. Anak dicekoki begitu saja hingga kerap membuatnya ketakutan. Dengan bersikap sabar dan tenang, anak juga akan merasa lebih nyaman dan tidak ketakutan.

Berikan penjelasan dengan lembut
Berikan penjelasan kepada anak agar secara sukarela ia mau meminum obat. Katakan kepadanya bahwa ia harus minum obat agar sembuh dari sakit yang dialaminya, misalnya pilek atau batuk.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan
Peralatan yang dibutuhkan untuk memberi obat, misalnya sendok takar, pipet, dan segelas air minum. Jika peralatan tersebut tidak disiapkan sebelumnya, Ibu bisa kerepotan saat memberikan obat.

Janjikan hadiah
Tak ada salahnya Ibu menjanjikan hadiah untuk si Kecil agar mau meminum obatnya. Tak perlu hadiah mahal, yang terpenting membuatnya senang dan mau meminum obatnya. Hadiah tersebut bisa makanan kesukaannya atau mainan.

Alihkan perhatiannya
Agar anak tidak terlalu memikirkan obat yang diminumnya, alihkan perhatiannya dengan mainan, tayangan televisi, melihat anak lain yang sedang bermain sepeda, dan sebagainya. #Lilis_cgo
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support