Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

From_Kadin: Ketahanan pangan Indonesia kalah dari Singapura

Ketahanan Pangan Indonesia Kalah dari Singapura

Caping Gunung Indonesia - Lahan pertanian terkenal luas dan subur tak lantas membuat Indonesia dinilai memiliki ketahanan pangan baik. Ironisnya, ketahanan pangan Indonesia tak lebih baik dari Singapura, negara-kota seluas DKI Jakarta.

"Indonesia berada dibawah Singapura, meski mereka tidak punya lahan tanam tapi ketahanan pangannya bagus," kata Anggota Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suharyadi, Jakarta, Jumat (27/3).

Suharyadi menyitir data indeks keamanan pangan 109 negara diluncurkan oleh DuPont dan the Economist Intelligence Unit (EIU). Tahun lalu, Indonesia berada di peringkat 72 dengan skor 46,5. Sedangkan Singapura berada di posisi 5 skor 84,3.

Indonesia juga masih kalah ketimbang negara Asean lainnya. Malaysia berada di posisi 34 (skor 68), Thailand (49/59,9), Filipina (65/49,4), dan Vietnam (67/49,1).

Di kelompok negara berpendapatan menengah-bawah, pendapatan sekitar USD 1.063-USD 4.058 per kapita, Indonesia berada di posisi 13.

"Kalah dengan Srilanka, Honduras El Savador dan India yang demikian ketahannya pangannya lebih baik," terangnya

Indeks keamanan pangan tertinggi dipegang Amerika Serikat dengan skor 89,3.#Yunia

SumberCaping Gunung Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support