Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran HUtan di Riau

Image result for kebakaran hutan riau



Caping Gunung Indonesia - Jajaran Polda Riau hingga saat ini sudah berhasil menangkap 26 orang pelaku terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan, para pelaku yang ditangkap ini merupakan perorangan. 

Belum ada yang dari koorporasi atau perusahaan. "Data dari Januari-Agustus 2019, sudah ada 26 tersangka, yang ditangkap dalam kasus kebakaran hutan dan lahan di Riau," kata Sunarto melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/8/2019). 

Dia mengatakan, para pelaku ditangkap jajaran Polres di Riau. Penangkapan dilakukan karena mereka sengaja membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. 
 
Para pelaku yang ditangkap antara lain oleh Polres Dumai 5 tersangka, Polresta Pekanbaru 3 tersangka, Polres Bengkalis 3 tersangka, Polres Indragiri Hulu 2 tersangka, Polres Indragiri Hilir 1 tersangka, Polres Rokan Hilir 3 tersangka, Polres Siak 1 tersangka, Polres Kepulauan Meranti 2 tersangka, Polres Kampar 1 tersangka, Polres Pelalawan 2 tersangka dan Polres Kuantan Singingi 3 tersangka. "Untuk 11 kasus masih tahap penyidikan. Kemudian P21 ada satu kasus, tahap I satu kasus, dan tahap II 13 kasus. Sedangkan luas areal lahan yang terbakar 210,655 hektare," sebut Sunarto. Sementara itu, mengingat musim kemarau yang sedang melanda wilayah Riau, Sunarto mengimbau masyarakat supaya tidak membukan lahan dengan cara dibakar. "Stop membakar hutan dan lahan," tegas Sunarto. Baca juga: 5 Fakta Bencana Karhutla, Ancaman Jokowi hingga Gubernur Riau Kena ISPA Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan dan lahan di Riau hingga saat ini masih terjadi di sejumlah daerah. Karhutla ini mengakibatkan beberapa wilayah diselimuti kabut asap. Sedangkan upaya pemadaman terus dilakukan tim Satgas Karhutla Riau.@puput_cgo

sumber, Berita Indonesia


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support