Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Ketika Cinta Beda Agama




Caping Gunung Indonesia - Kita perlu memahami dan mendiskusikan konsekuensi hubungan yang akan dijalani bahkan sebelum memulai hubungan. Tujuannya, saling memahami arah dan ekspektasi kedua belah pihak," kata Tiara Puspita. Pasangan beda agama disarankan melakukan diskusikan terbuka mengenai ekspektasi, nilai, kebudayaan yang dianut agar satu sama lain lebih mengerti dan memahami. Bicarakan pula bagaimana mereka menghadapi reaksi keluarga nantinya.

Tak hanya bicara bersama pasangan, bukalah dialog dengan lingkungan terdekat dan keluarga supaya masing-masing pihak menemukan solusi terbaik jika ingin melanjutkan hubungan hingga ke jenjang pernikahan. Tiara Puspita menambahkan, pasangan beda agama sebaiknya jangan menghindari pembicaraan seputar perbedaan keyakinan dan menunda-nunda mencari solusi.
"Seringkali kita berpikir jalani saja apa yang terjadi saat ini, toh masih masa pacaran. Belum tentu juga menikah dengan dia," kata Tiara Puspita. Jika terus-menerus menunda untuk membicarakan urusan serius ini, mau sampai kapan hubungan kalian akan terus begitu. "Jangan lari dari kenyataan. Cepat atau lambat, perbedaan keyakinan tetap bisa menjadi masalah."
Menurut Tiara Puspita, lebih baik pahit di awal karena setiap pasangan harus memahami konsekuensi dan tuntutan keluarga, sehingga arah hubungan menjadi lebih jelas dan punya masa depan. "Ini bisa menjadi bom waktu yang akan meledak sewaktu-waktu," ujar Tiara Puspita.

Bagi mereka yang sedang menjalani hubungan cinta beda agama, berikut 3 pilihan yang bisa dipertimbangkan.

1. Salah satu mengalah dan mengikuti keyakinan pasangannya
"Konsekuensinya, kamu bisa ditentang keluarga habis-habisan, bahkan dikucilkan. Maka pertimbangkan lagi matang-matang, apakah dia benar-benar pilihanmu hingga kamu rela berkorban sedemikian besarnya?" kata Tiara Puspita.

2. Memilih tetap berhubungan dan berkomitmen menjalani pernikahan beda agama di masa depan
Jika ini pilihannya, maka setiap pasangan perlu mempertimbangkan lebih jauh bagaimana dengan keyakinan yang akan dianut anak-anak mereka kelak.

3. Mengakhiri hubungan
Jika memilih mengakhiri hubungan cinta beda agama, konsisten dengan keputusan ini dan biarkan dia hidup dengan pilihannya yang lain.#puput_cgo
 
sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support