Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Polusi Udara Jakarta Tinggi, Awas Resiko Penularan TBC



Caping Gunung Indonesia - Tingkat polusi di Jakarta masih menjadi perhatian serius. Data dari situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual, memperlihatkan bahwa Jakarta masih menduduki tiga besar kota dengan kualitas udara yang sangat buruk.

Polusi udara erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Selain akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan dalam jangka panjang, paparan polusi juga meningkatkan kerentanan tubuh terhadap paparan virus, salah satunya TBC (tuberkulosis).

"Pastilah (mudah menular). Kan tadi itu (penularannya) droplet infection. Kalau polusinya tinggi seperti di Jakarta sekarang yang katanya tertinggi di dunia, artinya kalau org TB positif terus dia juga lagi aktif dan ada polusi, bisa menyebar," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr Wiendra Waworuntu, MKes, Senin (15/7/2019).

"Tetapi bukan polusinya yang menyebarkan, tetap droplet itu tadi. polusi kan menurunkan daya tahan tubuh," lanjutnya.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, virus akan mudah masuk dan menyebabkan badan menjadi drop. Kerentanan ini membuat infeksi TB bisa menular dan masuk ke tubuh tanpa kita sadari."Kalau yang sudah punya TB juga ketika polusi akan bertambah parah sakitnya," pungkasnya.  #nurul_cgo


Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support