Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

3 Korban Tercebur Di Sungai Brantas Ditemukan

3 Korban Tercebur Di Sungai Brantas Ditemukan

 diperlukan waktu 22 menit dalam melakukan evakuasi jenasah ke tiga, dan tepat pukul 01.00 dini hari baru bisa terangkat,
Caping Gunung Indonesia - Tulungagung. AJT - Tim penyelam TNI AL terus berjibaku di sungai Brantas Tulungagung. Penyisiran hari ke dua dilakukan hingga kedalaman 7 meter dengan radius 200 meter diduga menjadi lokasi mobil Avansa beserta 3 penumpangnya yang tenggelam di Dermaga penyeberangan Pema Ngunut.


Malam hari persiapan dilakukan para penyelam sebelum melakukan penyisiran. Mulai dari tensi darah hingga kondisi badan yang lain.

Setelah itu mereka mengecek peralatan menyelam mulai dari oksigen seperti open circuit serta semi close rebrider. Tidak hanya itu, kamera di bawah air pun dilakukan pengecekan.

"Tensi kita, Kemudian sehat di darat, kalau enggak sehat kita enggak bisa menyelam. Harus siap fisik dan tensi," kata salah satu anggota penyelam Lettu haerudin ketika ditemui usai menyelam di Lokasi Dermaga perahu penyeberangan Pema Selasa dini hari (29//1).

Baju penyelam juga sudah dikenakan. Dengan menggunakan tali jalan untuk menentukan mana titik yang akan disisir, haerudin dan 6 penyelam lainya mulai menyelam di kedalaman 7 meter.

Setelah siap , 2 penyelam terjun ke air. Walaupun visibilitas ( jarak pandang ) nol , penyelam tetap bergerak dengan menggunakan insting.
Evakuasi jenasah pertama butuh waktu 5 menit.

"Tidak ada kendala saat mengevakuasi jenasah pertama, " terang haerudin.

Setelah jenasah pertama terangkat , tim evakuasi mulai diterjunkan untuk mengangkat jenasah kedua.Namun ada sedikit kendala karena dua jenasah menumpuk dibangku bagian belakang mobil.

" dalam evakuasi jenasah kedua ini diperlukan waktu 12 menit , masih lewat pintu mobil bagian tengah," imbuhnya.

Situasi sulit baru dialami penyelam ketiga karena kondisi jenasah sudah membengkak besar sehingga memerlukan waktu lebih lama.Penyelam akhirnya membuka pintu belakang dengan cara melewati pintu sopir untuk menekan tombol manual.
" diperlukan waktu 22 menit dalam melakukan evakuasi jenasah ke tiga, dan tepat pukul 01.00 dini hari baru bisa terangkat," Imbuh Haerudin.

Karena kondisi penyelam sudah mual dan lemas, proses evakuasi mobil Avansa ditunda siang hari untuk memberi kesempatan beristirahat.#nur_cgo

Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support