Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Manfaat Daun Stevia Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Stevia Bagi Kesehatan


Caping Gunung Indonesia - Stevia merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Latin. Karena rasa manis alami yang dimiliknya, daun stevia telah digunakan sebagai pemanis sejak ratusan tahun lampau. Nama latin dari daun yang termasuk ke dalam keluarga bunga matahari ini adalah Stevia rebaudiana. Daun tersebut kini banyak dibudidayakan di Paraguay, Kenya, Cina, Amerika, Vietnam, Brazil, India, Argentina, dan Kolombia.

Daun stevia umum digunakan sebagai pemanis minuman atau dikonsumsi begitu saja untuk mendapatkan rasa manisnya. Daun tersebut memiliki rasa manis alami, karena mengandung senyawa kimia steviol glikosida yang memiliki tingkat kemanisan 250–300 kali lipat dari sukrosa (gula murni).

Karena sangat manis, maka penggunaan stevia sedikit saja sudah cukup untuk memberi rasa pada minuman. Meski rasanya jauh lebih manis daripada gula, stevia tidak menambah kalori alias memiliki nol kalori. Oleh karena itu, stevia kini marak digunakan sebagai pengganti gula. 

Manfaat daun stevia

Di balik kegunaannya untuk menggantikan gula konvensional, daun stevia juga menyimpan beragam manfaat sehat. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menurunkan berat badan

Karena stevia mengandung nol kalori, maka penambahan stevia sebagai pemanis tidak akan memasok kalori sama sekali ke dalam tubuh Anda. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati teh dan kopi manis tanpa harus takut mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan, atau siapa pun yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

  • Ramah diabetes

Bagi penyandang diabetes yang harus selalu mengontrol kadar gula darah tetap stabil, dokter umumnya tidak menyarankan konsumsi gula dan minuman manis. Sebaliknya, dokter biasanya akan menganjurkan untuk menggantinya dengan pemanis buatan.

Menurut penelitian, stevia tergolong aman untuk digunakan sebagai pemanis buatan oleh penyandang diabetes. Karena bukan gula dan mengandung nol kalori, maka konsumsi stevia tidak merusak kestabilan kadar gula darah, termasuk pada penyandang diabetes.

Pada penelitian lain, stevia diketahui dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Tak hanya itu, stevia juga dapat menambah kepuasan makan dan rasa kenyang yang lebih lama. Hal itu mampu membuat penyandang diabetes mengontrol keinginan untuk makan atau ngemil berlebihan.

  • Bantu stabilkan kolesterol

Penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi stevia selama satu bulan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL), dan penurunan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat) maupun trigliserida.

  • Tanpa gigi berlubang

Tidak seperti gula konvensional yang dapat menyebabkan gigi berlubang atau karies, stevia ramah untuk kesehatan gigi dan rongga mulut. Walau demikian, Anda tetap disarankan untuk rajin menyikat gigi dua kali sehari.

Itu dia berbagai manfaat daun stevia bagi kesehatan tubuh Anda. Apakah Anda tertarik untuk mengganti gula konvensional dengan stevia mulai sekarang? Tetap ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, ya!
 
Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support