Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Penyandang Disabilitas Ini Cipttakan Kursi Roda Canggih



Penyandang Disabilitas Ini Cipttakan Kursi Roda Canggih



Caping Gunung Indonesia - Kehilangan kemampuan bergerak akibat gagalnya operasi yang ia jalani, tidak membuat Alexei Nalogin menyerah. Justru ia bangkit dan menciptakan kursi roda canggih.

Alexei menciptakan sebuah kursi roda karbon yang kuat dan inovatif untuk membantu orang-orang dengan keterbatasan fisik seperti dirinya.


Dikutip dari BBC, karbon digunakan untuk membuat sepeda olahraga karena material ini lebih kuat dan ringan dibanding baja. Ada pula kursi roda yang terbuat dari material karbon yang bobotnya lebih ringan dari kursi roda standar, bahkan seorang dengan keterbatasan fisik pun bisa mengeluarkan dan memasukkan sendiri perangkat ini ke mobil tanpa bantuan.

Sayangnya, harga kursi roda ini tergolong mahal, berkisar antara 4.000 hingga 12 ribu dolar AS per buah (sekitar 158 juta rupiah).

Namun, penemu Rusia Alexei Nalogin berhasil menciptakan model kursi roda karbon yang harganya tak sampai 2.000 dolar (sekitar 26 juta rupiah) dan hanya berbobot 5,4 kilogram.

"Awalnya saya membuat satu buah untuk diri saya sendiri," kata Alexei.

"Objek ini bukan untuk kegiatan ekstrem. Anda tak bisa memacunya dengan cepat di jalanan off-road. Kursi roda ini cocoknya untuk kegiatan-kegiatan formal, seperti mengunjungi teater, bioskop, atau makan di restoran. Modelnya juga sesuai dengan pengguna yang berpakaian rapi, misalnya jas formal," tambahnya.

Alexei mendesain kursi roda ini sendiri, dengan pilihan warna biru, hitam-biru, dan hitam-merah. Bagian belakang kursi roda dilapisi kasmir. Ia sengaja tidak menggunakan dekorasi dari plastik.

"Saya tak ingin sesuatu yang sederhana. Saya ingin sesuatu yang mewah, tapi terjangkau," pungkasnya.

Alexei telah menciptakan lebih dari 50 pengembangan. Ia mendirikan perusahaan Dospekhi (teknologi rehabilitasi baru). Selama beberapa tahun terakhir ia tinggal di Thailand dan mengerjakan penemuan-penemuannya di sana.#nurul_cgo
 
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support