Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Seniman Jaman Now


Seniman Jaman Now
Proses pengerjaan wayang dari barang bekas tersebut relatif lebih mudah dibanding menggunakan bahan baku kulit. Sebab, tidak perlu proses pengolahan yang rumit. Namun memerlukan ketelitian untuk mencapai hasil yang maksimal.
Caping Gunung Indonesia - Daur ulang barang bekas, Mujiono, Seorang seniman asal Dusun Bandil, Desa Tanjung, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Jawa Timur berhasil mengubah talang karet bekas menjadi berbagai kerajinan bernilai seni tinggi, seperti halnya wayang maupun jaranan.

Dalam proses pembuatan wayang dari bahan daur ulang ini, Talang bekas tersebut berfungsi sebagai pengganti kulit hewan, yang berfungsi sebagai bahan baku pembuatan wayang kulit. Oleh karena itu pembuatannya juga harus dilakukan dengan teliti, mulai dari sketsa hingga pengecatan dan pemberian berbagai aksesoris maupun ornament lainnya, sehingga mirip dengan wayang yang terbuat dari kulit.

Sebelum memulai mengolah talang bekas tersebut, terlebih dahulu dilakukan proses penyortiran untuk memilih lembaran talang yang kondisinya masih bagus dan tidak pecah maupun berlubang. Selanjutnya membuat sketsa wayang sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Menurut Mujiono, proses pengerjaan wayang dari barang bekas tersebut relatif lebih mudah dibanding menggunakan bahan baku kulit. Sebab, tidak perlu proses pengolahan yang rumit. Namun memerlukan ketelitian untuk mencapai hasil yang maksimal.

Lebih lanjut seniman asal tulungagung, Mujiono menjelaskan, selain memanfaatkan talang bekas untuk wayang, dirinya juga sering membuat karya seni lain dari bahan serupa, seperti halnya jaranan dan karya seni lainnya. Biasanya wayang dari barang bekas tersebut digunakan sebagai hiasan dinding maupun alat peraga kesenian di sekolah-sekolah.

Untuk pengerjaan satu buah wayang kreasinya ini, mujiono biasanya memelukan waktu sekitar empat hari, sedangkan hasil karyanya ini biasanya dibanderol antara 25 ribu hingga 50 ribu rupiah, tergantung dari tingkat kerumitan dan jenis wayang ataupun jaranan yang dibuatnya.#Lilis_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support