Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

TK Pertiwi Sumbergedong dan PAUD MUTIARA Belajar Bersama (Green Park)


TK Pertiwi Sumbergedong dan PAUD MUTIARA Belajar Bersama (Green Park)
Bermain di alam bebas juga bisa menambah pemahaman dan pengetahuan sang buah hati tentang alam. Si kecil bisa menyaksikan flora dan fauna yang beragam yang mungkin sebelumnya belum pernah dilihat jadi wawasan anak bisa bertambah.

TK Pertiwi Sumbergedong dan PAUD MUTIARA Belajar Bersama (Green Park)
Caping Gunung Indonesia - Trenggalek, (28/10/2017) anak - anak PAUD Mutiara dan TK Pertiwi Sumbergedong hari ini belajar bersama di Green Park yang beralamat Jl. Brigjend Sutran No.3, Sumbergedong, Kec. Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66315, anak - anak sebelum berangkat ke Green Park mereka berkumpul di sekolahan terlebih dahulu pukul 07.00 WIB mereka menuju ke Green Park dengan berjalan kaki bersama - sama, sebelum berangkat anak - anak dilatih tertib, disiplin dengan cara berbaris yang rapi seperti kereta api sambil menyanyi kesana kemari dengan ria gembira. Menuju ke Green park sekitar pukul 07.20 WIB, sampai disana anak - anak berlari - lari melihat binatang kelinci mereka mengamati binatang kelinci, kemudian mereka melihat ikan yang sangat cantik, dan besar di kolam ikan yang berbentuk lingkaran ada ikan koi, ikan nila,dll. Lalu mereka beristirahat sambil makan bekal yang dibawa sendiri dari rumah, setelah selesai makan anak - anak mulai belajar menggambar yang sudah diamati atau dilihat anak - anak tersebut yaitu binatang kelinci, ikan, patung gajah putih dan pantung buaya putih. Patung tersebutb berada di kolam ikan tersebut.

Anak - anak PAUD Mutiara dan TK Pertiwi Sumbergedong menwarnai yang sudah digambar tersebut ada yang menggambar ikan, dan kelinci ada juga yang menggambar binatang semuanya, dll pokoknya berbagai macam yang mereka sukai, anak - anak mewarnai dengan senang sambil mewarnai bersama. Selesai belajar bersama mereka bermain - main bersama yaitu ada yang bermain ayunan, jungkat jungkit, perosotan,dll dan ada juga yang berlari kejar - kejaran. Mereka di Green Park sampai pukul 09.30 WIB lalu kembali kesekolah dengan berjalan kaki bersama lagi tanpa rasa capek, sampai di sekolah mereka langsung bermain memancing ikan dengan hati yang senang sampai waktu pulang pukul 10.00 WIB.
TK Pertiwi Sumbergedong dan PAUD MUTIARA Belajar Bersama (Green Park)

Manfaat yang bisa didapat dengan mengajak anak bermain di alam bebas.
  • Mempunyai penglihatan yang lebih bagus

Bermain di alam bisa membuat si kecil memiliki penglihatan yang lebih bagus. Sebuah riset dari Optpmetry and Vision Science mengemukakan bahwa anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan mempunyai penglihatan yang lebih bagus dibanding anak-anak yang bermain dalam ruangan.

  • Menjadikan anak bersyukur atas nikmat Tuhan

Manfaat berikutnya adalah bisa dijadikan sebagai proses awal pembinaan dan pembentukan karakter dan mental sang buah hati. Bunda juga bisa mengajarkan anak untuk mensyukuri nikmat Tuhan dengan memelihara keindahan alam mahakarya-Nya.

Bunda bisa menunjuk bahwa gunung yang megah, tinggi dan kokoh adalah ciptaan Tuhan yang wajib dijaga dan disyukuri. Begitu hamparan pantai dan laut yang luas, hewan dan tumbuhan yang beraneka ragam jenisnya, langit yang biru, hujan dll.

  • Membuat kemampuan sosial anak meningkat

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan kemampuan bersosialisasi atau social anak. Semisal: ketika hendak memasuki obyek wisata alam maka harus mengantri terlebih dahulu untuk membeli tiket.

Selain itu ketika bermain dialam bebas membuat anak berkesempatan lebih besar untuk bertemu teman baru, melihat tumbuhan atau hewan yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya.

  • Membuat anak lebih fokus

Bermain di ruang terbuka atau di alam bisa membuat anak lebih fokus. Selain itu ini gunanya mengajak anak bermain di alam yakni membuat kreatifitas anak dan rasa keingintahuannya meningkat.

Anak yang sering diajak main kealam atau keluar lebih antusias untuk membuat dan memperoleh penemuan baru jadi nggak hanya pasif atau duduk terdiam menyaksikan sesuatu. Anak bisa mengamati deburan ombak, air laut yang rasanya asin, berwarna biru dll sesuai panorama alam yang dikunjungi.

  • Meminimalkan stress

Bunda perlu mengetahui bahwa si kecil juga bisa merasa stress atau bosan layaknya orang dewasa. Untuk itu salah satu cara alami dan terbaik untuk meminimalkan stress pada si kecil adalah dengan mengajaknya bermain di alam.

Bermain di alam dapat mengatasi perasaan negatif dan menenangkan pikiran sang buah hati. Apalagi jika si kecil sedang susah makan, kesepian atau kurang memiliki waktu berkualitas dengan sang ayah maka liburan bersama di alam merupakan pilihan yang tepat.

  • Mencegah defisiensi vitamin D

Menurut American Academy of Pediatrics, di dunia ini masih banyak anak di dunia yang mengalami defisiensi vitamin D. Padahal sebenarnya vitamin D ini bisa diperoleh dari cahaya matahari di alam bebas dan bisa diperoleh dengan bermain di luar.

Ketika anak memperoleh vitamin D yang cukup maka bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti: masalah tulang, penyakit jantung dan diabetes.

  • Meningkatkan wawasan sang buah hati

Bermain di alam bebas juga bisa menambah pemahaman dan pengetahuan sang buah hati tentang alam. Si kecil bisa menyaksikan flora dan fauna yang beragam yang mungkin sebelumnya belum pernah dilihat jadi wawasan anak bisa bertambah.

  • Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan

Biasanya ketika kegiatan di alam bebas atau outdoor pastinya orang tua akan melibatkan diri pada aktifitas sang buah hati. Inilah manfaat berikutnya yaitu ketika seluruh keluarga yang ikut bisa bermain bersama dan memperoleh quality time.

Bunda bisa menciptakan permainan yang seru dan melatih kekompakan antar anggota keluarga yang ikut. Misalnya: bermain bola bagi anggota keluarga laki-laki, ca’engkleng, ular naga, dll.

  • Menumbuhkan cinta lingkungan

Ketika bermain bersama di alam bebas, Bunda bisa menanamkan perilaku cinta alam sedari dini misalnya: ketika melihat pantai yang bersih, berpasir, berombak dan berpemandangan indah Bunda bisa menanamkan anak untuk nggak membuang sampah sembarangan supaya alam senantiasa bersih, terjaga kebersihannya dan terhindar dari banjir.

  • Meningkatkan kemampuan motorik

Ketika Bunda mengajak si kecil bermain di alam bebas pastinya dia bisa mengamati hamparan tanah yang luas, mengamati keindahan alam, dan menyaksikan hal baru. Sang anak bisa berjalan mengamati alam dan berlarian layaknya burung atau kupu-kupu yang mereka lihat.

Ini gunanya mengajak anak bermain di alam yang bisa buah hati Bunda dapatkan yakni membuat seluruh tubuh sang buah hati bergerak melakukan aktifitas outdoor secara otomatis dengan perasaan yang bahagia.

  • Membuat anak berani mencoba hal baru

Anak secara psikologis akan mencoba hal baru ketika Bunda mengajaknya bermain di alam dan bisa meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki sang anak.

Salah satu wahana yang di alam bebas seperti wahana flying fox yang menguji adrenalin, mungkin anak akan takut karena belum pernah mencobanya. Bunda bisa memotivasi si kecil untuk berani dan ketika ia berhasil maka rasa percaya dirinya akan terus muncul ketika menghadapi hal baru lain.

  • Memacu kreatifitas dan semangat

Bunda bisa membantu sang buah hati untuk memacu kreatifitas dan semangat dengan mengajaknya bermain di alam. Ini gunanya mengajak anak bermain di alam misalnya: ketika liburan Bunda bisa membekalinya dengan kamera untuk media kreatifitasnya dalam menemukan obyek yang seru untuk diabadikan. Lalu setelah tiba dirumah Bunda bisa memberikan buku gambar, alat tulis dan pewarna jadi ketika di dalam kendaraan si kecil bisa menuangkan idenya untuk menggambar sesuai obyek yang disaksikannya.#Lilis_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support