Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Nasabah Bank BRI Di Trenggalek Pingsan Gara-Gara Simulasi Perampokan



Nasabah Bank BRI Di Trenggalek Pingsn Gara-Gara Simulasi Perampokan


Caping Gunung Indonesia - Suasana kantor cabang BRI Trenggalek yang tadinya tenang tiba-tiba berubah kacau. Empat perampok bersenjata api tiba-tiba masuk sambil menodongkan pistol.

Ketegangan tampak terlihat dalam rekaman kamera pengawas yang ada di lingkungan perbankan tersebut. Beberapa karyawan tampak ketakutan dan bersembunyi di bawah meja, sedangkan para nasabah tiarap karena di bawah ancaman pistol.

Tidak berselang lama aparat kepolisian yang menerima informasi tiba di lokasi kejadian. Komplotan bersenjata api tersebut akhirnya ditangkap. Meski sempat terdengar dua kali letusan senjata api dari dalam kantor BRI."Suasananya tadi benar-benar kacau, mereka (karyawan) jelas kaget, tadi juga sempat ada nasabah kami yang pingsan," kata Kepala Kantor Cabang BRI Trenggalek, Rahmad Budi Sulistya, Jumat (13/10/2017) sore.

Menurutnya, kejadian tersebut merupakan bagian dari rangkaian simulasi yang dilakukan instansinya bersama kepolisian, guna mengantisipasi berbagai tindakan kriminalitas yang bisa mengancam kapan saja.

Dikatakan, rencana kegiatan simulasi tersebut sengaja tidak diberitahukan kepada karyawan, sehingga suasana yang terjadi cukup natural seperti peristiwa perampokan sebenarnya. "Jadi di kantor ini hanya tiga orang yang tahu, saya sendiri dan dua staf, yang lain tidak ada yang tahu," ujarnya.

Pihaknya beharap dengan peragaan tersebut para karyawanya siap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu pihaknya juga melakukan pengawasan ekstra melalui berbagai macam cara termasuk kamera pengawas dan sistem keamanan lainnya.

"Tadi pada takut, gemetaran, karena hubungannya dengan finansial. Uang yang ada di sini banyak sekali," kata salah satu karyawan, Maratus Solihah.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Sumi Andana mengaku kegiatan itu merupakan salah satu uji petik sistem pengamanan obyek vital sekaligus melatih kesiap-siagaan anggotanya dalam menghadapi sejumlah ancaman tindak kriminalitas. "Diharapkan anggota saya bisa menjalankan SOP untuk penanganan kasus seperti ini, demikian halnya dengan karyawan BRI juga tahu SOP di perusahaannya, bagaimana mereka harus mengamankan diri," ujarnya.

Pihaknya mengaku akan melakukan evaluasi terhadap uji coba tersebut, sehingga bisa diketahui kelemahan dan kekurangan yang harus diperbaiki oleh kedua instansi. Diharapkan, kesiapsiagaan dari internal perbankan juga akan lebih teruji dan mampu menganalisa dan mengambil langkah cepat ketika terjadi ancaman keamanan.

"Setelah simulasi tadi, kami juga sampaikan kepada para karyawan perbankan mengenai terkait analisa kejahatan maupun berbagai hal yang mengangkut sistem keamanan," pungkasnya. 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support