Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Trenggalek Lomba Melukis Batang Rokok

 
Trenggalek Lomba Melukis Batang Rokok
 
Caping Gunung Indonesia -  Tradisi nyethe atau melukis batang rokok menggunakan ampas kopi yang biasa dilakukan masyarakat Tulungagung, kini merembet hingga Trenggalek.

100 Peserta dari berbagai kecamatan di Trenggalek mengikuti lomba nyethe di lingkar alun-alun memperingati HUT ke-72 RI sekaligus HUT ke-823 Trenggelak.

"Lomba seperti ini baru pertama dilaksanakan di Trenggalek, sehingga masih banyak kekurangan, kalau di Tulungagung memang sudah ekspert," kata salah satu panitia, Tommy Jun Juliar, Selasa (22/8/2017). Pada lomba ini, para peserta diberikan kebebasan untuk mengekspresikan kepiawaiannya dalam seni melukis di atas batang rokok. Berbagai motif dan karya ditorehkan dalam waktu 30 menit.

"Nyethe ini tidak sekedar melukis, tapi ada nilai seninya, selain itu komposisi bahan yang digunakan juga harus tepat, antara kopi dan susu harus pas," imbuhnya.

Salah seorang peserta, Bangi mengatakan, kegiatan nyethe bukan perkara mudah. Orang yang tidak terbiasa hampir dipastikan akan mengalami kesulitan. "Ampas kopi yang digunakan harus yang benar-benar halus, karena kalau asal ya tidak bisa buat melukis," jelasnya.

Pada sesi terakhir lomba, karya para pecinta kopi tersebut dijajar dan dipamerkan kepada para pengunjung yang ada di sekitar Alun-Alun Trenggalek. #nurul_cgo
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support