Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Jalur Pantai Selatan Trenggalek Secepatnya Dibangun


Jalur Pantai Selatan Trenggalek Secepatnya Dibangun

Anggaran pengerjaan jalur Watulimo-Munjungan diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun, kondisi tersebut meleset dari taksiran awal yang dibawah Rp 500 miliar.
Caping Gunung Indonesia - Pemerintah pusat dipastikan akan mempercepat proses pembangunan jalur Pantai Selatan (Pansela). Jalur itu menghubungkan Trenggalek dengan wilayah di sekitarnya.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak saat dikonformasi detikcom di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Kamis (3/7//2017) mengatakan, tahun ini pemerintah pusat akan melakukan pembangunan Pansela mulai dari ruas Watulimo Trenggalek hingga tembus Pantai Popoh Tulungagung.

"Ini memang berubah dari skenario awal, sebelumnya akan melanjutkan pembangunan dari Kecamatan Watulimo tembus Munjungan, dialihkan ke Watulimo-Popoh. Karena anggarannya ternyata cukup besar," katanya.

Menurutnya, anggaran pengerjaan jalur Watulimo-Munjungan diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun, kondisi tersebut meleset dari taksiran awal yang dibawah Rp 500 miliar.

"Ini nanti pendanaannya dari IDB (Islamic Development Bank), kalau untuk jalur Watulimo-Popoh perkiraan anggaran sekitar Rp 800 miliar. Selain pertimbangan anggaran pengalihan ini juga mempertimbangkan efektivitas," ujarnya.

Emil mengaku, pembukaan konektivitas antar kabupaten di pesisir selatan Trenggalek tersebut akan berdampak besar terhadap pergerakan perekonomian dari Trenggalek ke Tulungagung maupun ke daerah lain di eks Karesidenan Kediri.

"Kemarin kami juga sudah bertemu dengan Ibu Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) saat penyerahan Adipura. Pada intinya beliau sudah memberikan disposisi mendukung Pansela, kami optimis IPPKH segera keluar, karena menjadi dasar untuk bisa melakukan penyiapan koridor untuk pendanaan dari (IDB)," katanya.

Sementara itu untuk akses Munjungan-Watulimo akan dilakukan kajian ulang guna melakukan reoptimasi kondisi jalur yang ada, sehingga bisa menunjang perekonomian dan pergerakan barang dan jasa di pesisir selatan. Sambil menunggu pembangunan Pansela tahap berikutnya.

"Saya sebelumnya juga sudah survey langsung pada jalur Munjungan-Watulimo, dan memang kondisinya cukup parah. Saya sudah perintahkan kepada dinas terkait untuk melakukan penanganan," tambahnya.#Lilis_cgo
Share:

1 comments:

Definition List

Unordered List

Support