Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Hindari Minuman Es Saat Berbuka,Ini Akibatnya

Caping Gunung Indonesia-Saat-saat puasa seperti ini tubuh kita mengalami pengeluaran ion yang sangat banyak,sehingga tubuh pun akan terasa lemas dan letih.Akibatnya,kebanyakan orang akan memilih menu makanan berbuka puasa yang dingin-dingin.Tahukah anda? bahwa berbuka puasa dengan makanan yang dingin-dingin bisa membuat tubuh anda tidak sehat.
   Tak hanya menurut ajaran agam islam, tetapi banyak pakar kesehatan yang  juga menganjurkan untuk membatalkan puasa dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu dan dalam kondisi  yang hangat. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan energi tubuh dan supaya tubuh menjadi stabil kembali karena kondisi lambung masih kosong.
Tetapi jika lambung yang kosong tersebut langsung ‘diguyur’ dengan air dingin , maka lambung akan mengalami kontraksi karena terkejut dan bisa menyebabkan sakit maag.
Tak hanya itu, air es akan menyebabkan Anda merasa kenyang sehingga dapat membuat Anda merasa enggan untuk makan, padahal waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali tubuh Anda dengan nutrisi dari makanan setelah seharian penuh tidak makan tetapi tetap menjalankan aktifitas. 
Bagi Anda yang memanfaatkan bulan puasa untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak minum air es juga. Kenapa demikian? Karena dengan minum air es, lemak di dalam darah akan membeku sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Akibatnya proses pembakaran lemak serta metabolisme akan terganggu
Air es juga bisa menyebabkan usus menyempit sehingga mengganggu proses pencernaan, dan perut bisa buncit karenanya. Tak hanya menciutkan usus, air es juga dapat menciutkan pembuluh darah sehingga menyebabkan perut terasa tidak enak.
Setelah mengetahui bahaya minum air es ketika berbuka, Anda mungkin bertanya, adakah waktu yang baik untuk minum es di bulan puasa? Jawabannya adalah ada, yakni setelah kondisi perut stabil.Batalkan puasa Anda dengan sesuatu yang manis dan hangat terlebih dahulu, atau bisa saja dengan air putih biasa namun yang tidak dingin. Setelah sekitar 5 hingga 10 menit kemudian, barulah Anda diperbolehkan untuk minum air es. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan demi menjaga kesehatan Anda.#apricgo





Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support