Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Apa Spesial Melihat Gerhana Matahari di Ternate

Apa Spesial Melihat Gerhana Matahari di Ternate?


Caping Gunung Indonesia - Ternate di Maluku Utara menyiapkan sesuatu yang spesial untuk wisatawan, kala gerhana matahari total 9 Maret 2016 nanti. Apa itu?
"Silakan sambil nonton gerhana matahari total. Menjelajahi keindahan negeri Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya dalam rilis yang diterima detikTarvel.

Di kawasan timur Indonesia itu, pelaku bisnis pariwisatanya sudah menyiapkan cendera mata yang bisa membawa wisatawan bernostalgia ke masa lalu. Tentu saja kita tahu, Maluku Utara dari ratusan tahun lalu sudah terkenal dengan rempah-rempah.

Nah, jelang gerhana matahari total 9 Maret nanti, nostalgia akan ketenaran rempah-rempah itu kembali muncul. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Maluku Utara ada di garda terdepan untuk mengenalkan rempah kepada wisawatawan mancanegara. Misi PHRI Maluku Utara hanya satu: memberikan kesan manis kepada ribuan wisatawan yang berkunjung saat gerhana menyapa.

"Seluruh hotel di Maluku Utara akan memberi cinderamata mata gratis berupa cengkih dan pala kepada setiap wisatawan mancanegara yang datang menyaksikan gerhana matahari total. Semua turis asing yang umumnya berasal dari Eropa dan Amerika Serikat akan dapat cindera mata istimewa dari Maluku Utara," papar Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Maluku Utara Cristhoper Herlin.

Kemasannya dibuat unik. Balutan luarnya ada motif Maluku Utara. Herlin rupanya ingin menunjukan kepada para wisman bahwa rempah Maluku Utara sudah terkenal sejak abad ke-15. Bahkan saat ini, Maluku Utara adalah daerah penghasil kedua komoditas rempah dunia.

"Ini juga sarana promosi. Mudah-mudahan cinderamata rempah-rempah berupa cengkih dan pala diperlihatkan kepada keluarga atau rekan mereka saat kembali ke negara asalnya. Ada kenangan bedam kolega mereka tertarik, dan mudah-mudahan mau datang juga ke Maluku Utara," tambahnya.

Saat GMT nanti, PHRI Maluku Utara mengaku akan all out memberikan layanan terbaik bagi para tamu. Selain memberi cinderamata yang khas, hotel-hotel di Maluku Utara juga akan memberikan sentuhan personal kepada wisatawan yang menginap. Tarian tradisional dipastikan akan siap menyambut tamu saat mereka pertama kali mereka tiba di hotel dan para petugas hotel akan menggenakan pakaian adat Kesultanan Ternate. Diperkirakan, 2.116 wisatawan mancanegara, termasuk di antaranya para ilmuwan yang akan melakukan penilitian terhadap fenomena gerhana matahari total akan memenuhi Ternate.

"Seluruh petugas hotel sudah menjalani pelatihan. Kebersihan dan keamanan di hotel jadi prioritas layanan karena hal seperti ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi para wisman," tutup Herlin.#Lilis_cgo

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support