Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Sambut Gerhana, Kompetisi Berhadiah Jutaan

Sambut Gerhana, Kompetisi Berhadiah Jutaan

 
Caping Gunung Indonesia - Gerhana matahari total akan melewati Indonesia Maret mendatang. Menyambut fenomena langka ini, Kemenpar mengadakan lomba foto, video dan tulisan.

Tanggal 9 Maret 2016, gerhana matahari total akan melintas di beberapa daerah di Indonesia yaitu Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Halmahera, Mentawai, Bangka, Palangkaraya, Poso, Palu, dan Ternate. Seiring adanya momen spesial tersebut, Kemenpar menggelar Kompetisi bertajuk Pesona Gerhana Matahari Total.

Kompetisi terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia dan berlangsung tanggal 1 Maret hingga 30 April 2016. Ada tiga yang dilombakan yaitu foto, video dan tulisan bertema pariwisata di daerah yang dilewati gerhana matahari total. Melalui kompetisi ini, peserta tak hanya didorong untuk mengabadikan gerhana tapi juga menyingkap pesona pariwisata di daerah tersebut, kemudian mengirimkan karyanya ke kompetisi dalam bentuk foto, video atau tulisan.

"Kita buat suatu lomba yg memang harus diketahui masyarakat. Kita gerakkan supaya masyarakat mau menulis, foto dan membuat video," ujar Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar dalam jumpa pers Kompetisi Pesona Gerhana Matahari Total di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Untuk kategori lomba foto terbagi menjadi dua yaitu jurnalis dan mon jurnalis. Peserta bisa mengirim tiga foto tanpa watermark dengan resolusi minimal 1.500 pixel. Jurinya adalah fotografer perjalanan Barry Kusuma, Bambang Widjanarko dari Kemenpar, Agus Ryan dari Panorama Media dan para pengguna akun Instagram.

Kemudian untuk video, peserta lomba mengirimkan satu file video berdurasi minimal satu menit dan maksimal 3 menit, boleh ditambah ilustrasi musik. Jurinya adalah videografer Febian Nurrahman, Bambang Wijanarko dari Kemenpar dan Agus Ryan dari Panorama Media.

Sedangkan untuk lomba menulis, setiap peserta bisa mengirim satu tulisan sepanjang minimal 1.000 kata dan maksimal 1.500 kata. Tulisan yang diikutsertakan lomba adalah yang belum pernah dipublikasi. Jurinya antara lain travel blogger Trinity, Bambang Wijanarko dari Kemenpar dan Fransiska Anggraini dari Panorama Media.

"Tulisan tema destinasi gerhana matahari total yang dikemas dalam pesona Indonesia. Pergi ke Palu misalnya dia menceritakan Teluk Donggala. Kalau tulisan pernah dipublikasi misalnya di satu kota, bisa diubah angle menjadi tulisan yg baru," kata salah satu juri, Fransiska Anggraini.

Hadiah yang ditawarkan pun menarik. Pemenang pertama dari tiap kategori berhak mendapat uang tunai Rp 15 juta, travel bag dan voucher menginap di hotel ternama. Juara dua mendapat uang Rp 10 juta dan voucher menginap, sedangkan juara tiga meraih uang tunai Rp 5 juta. Seluruh pemenang juga akan membawa pulang suvenir dari majalah Get Lost dan piagam dari Kemenpar. #Nurul_cgo
Sumber, Berita Indonesia 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support