Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

SINGKONG: Bisa bawa Indonesia ke Dunia

SINGKONG: Bisa bawa Indonesia ke Dunia

Caping Gunung Indonesia - Dan mungkin anda pun tidak menyangka bahwa salah satu yang membuat indonesia semakin dikenal di dunia adalah karena singkong, dimana dengan sebuah singkong ini nama indonesia kian semakin terkenal saja di telinga masyarakat dunia, karena memang indonesia ini termasuk pada negara pengekspor singkong ketiga terbesar di dunia. 

Hal ini diungkapkan olh salah seorang Profesor asal jember Jawa Timur yang bernama Achmad Subagio dia yang merupakan salah satu lulusan universitas di jawa dan mengadakan studi banding ke belanda dalam rangka meneliti makanan apa saja yang bisa dibuat dari bahan dasar singkong.

Lelaki kelahiran 17 Mei 1969 ini sudah sejak kecil sudah akrab dengan singkong. Sejak duduk di bangku sekolah, pemilik nama lengkap Achmad Subagio ini juga sudah membantu keluarganya berjualan makanan berbahan dasar singkong. Sebut saja gethuk, makanan tersohor dari singkong. 

Pria bergelar Profesor juga Guru Besar Universitas Negeri Jember, Jawa Timur ini pernah menjajakan gethuk. Dari singkong, Achmad mampu meluluskan kuliahnya di Universitas Negeri Jember dengan predikat Cum Laude. Namun dia prihatin dengan anggapan banyak orang tentang singkong. Banyak yang menganggap singkong makanan kaum marjinal.

Berangkat dari kedekatannya dengan singkong, Prof Achmad terbang ke Belanda untuk melanjutkan pendidikan. Dia mengikuti program kerjasama antar Universitas Asia-Eropa di Belanda dan Inggris. Pulang dari sana, Achmad makin kepincut buat mengembangkan singkong. Hasilnya dia menemukan terobosan baru, singkong menjadi tepung di beri nama mocaf. Tepung itu tak berasa singkong dan dapat digunakan untuk pembuatan banyak jenis makanan.

Bahkan Prof Achmad mengatakan, jika Singkong juga bisa mewujudkan pemerintah soal ketahanan pangan. Dia pun membuat terobosan membuat beras tiruan dari bahan dasar singkong. "Ia betul. Karena kita adalah produsen terbesar nomor tiga di dunia untuk singkong," ujar Prof Achmad Subagio melalui sambungan seluler, Jumat pekan lalu.#YUNIA_Cgo


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support