Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Al-Qu'an Tertua Tersimpan di Pedalaman Indonesia


Al-Qu'an Tertua Tersimpan di Pedalaman Indonesia
 Salah daya tarik yang terdapat di pulau Alor adalah dengan kepemilikan Al Quran tertua yang dibuat pada lembaran kulit kayu di tahun 1519 silam. dan  Kerukunan antar umat bergama.
Caping Gunung Indonesia - Terletak di penghujung timur Indonesia, membuat keindahan pantai-pantai di pulau Alor kurang dikenal masyarakat luas. Kenyataannya, potensi alam yang tersembunyi di pulau ini telah berhasil menarik kunjungan wisatawan dari berbagai negara di Eropa.

Selain berbatasan dengan Austalia dan Timor Leste, pulau yang masuk dalam rangkaian cincin api, gunung Api Sabuk Pasifik ini ternyata menyimpan kekayaan geoheritage yang luar biasa.

"Laut Alor sangat terkenal di kalangan para pecinta diving. Sehingga disamakan dengan keindahan pantai-pantai di kepulauan Karibia," ungkap Bupati Alor, Amon Djobo saat ditemui di gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Tak hanya indah, pantai pulau Alor menyimpan keunikan tersendiri. Pada bulan-bulan tertentu, suhu arus bawah air laut Alor turun hingga minus 5 derajat celcius. Kejadian yang terjadi selama dua hingga tiga hari ini mengakibatkan ribuan ikan di perairan Alor menjadi mati secara mendadak dan mengapung di lautan dangkal.

"Biasanya setahun terjadi dua kali, antara Agustus dan Oktober. Manusia juga tidak bisa turun ke laut karena saking dinginnya air laut," jelas Amon.

Selain keindahan alam, budaya dan kearifan lokal masyarakat Alor sangat menarik untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata. Bahkan pulau yang memiliki segudang keunikan alam dan budaya ini mendapat julukan sebagai pulau seribu moko (perunggu).

Julukan ini berawal dari kebiasaan masyarakat pulau Alor yang terbiasa merawat ribuan gendang moko. Selain sebagai pusaka, gendang-gendang ini digunakan juga sebagai mahar perkawinan adat setempat.

Kerukunan antar umat bergama menjadi salah satu daya tarik di pulau ini. Salah satunya dengan kepemilikan Al Quran tertua yang dibuat pada lembaran kulit kayu di tahun 1519 silam.

"Hampir semua wisatawan yang datang ke Alor tertarik untuk melihat keunikan Al Quran ini. Tapi tidak bisa kami museumkan karena itu milik warga lokal yang dijaga secara turun temurun," ujar Bupati.

Masyarakat Alor juga dikenal sangat memegang teguh adat istiadat dari para leluhur. Hal itu dimanfaat pemerintah Pulau Alor sebagai salah satu produk wisata untuk menarik kunjungan wisatawan dari luar negeri.

Salah satunya dengan menghidupkan Gala Soro sebagai tradisi pesta sehabis perang. "Atraksi budaya, berupa tarian, nyanyian dan pantun yang dilakukan di atas kapal berlayar hingga bersandar ke pantai sebanjar," tutup Amon. #erika_cgo


Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support