Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Trenggalek: Hari Anak Nasional 2015 (Part-1)


"Anak bukan hanya terbatas seseorang dengan usia enam/lima tahun ke bawah (balita). Merujuk pada perkembangan mental seseorang, walaupun usianya secara biologis dan kronologis seseorang sudah termasuk dewasa namun apabila perkembangan mentalnya ataukah karena urutan keturunannya maka seseorang dapat saja diasosiasikan dengan istilah anak. Misal: dalam hal ini orang tua (bapak/ibu) terhadap keturanannya tetap saja menyebutnya anak sekalipun umur anak-anak mereka telah dewasa."
Caping Gunung Indonesia - Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Wawancara capinggunung.com hari ini (18 Mei 2015) dengan Ika (Julaika) guru TK. Negeri Trenggalek yang sekaligus Ketua IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) Kec. Trenggalek, diperoleh informasi bahwa: "Trenggalek dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional (HAN) tak mau ketinggalan. Berbagai kegiatan dalam bentuk lomba kreatifitas hari ini kita selenggarakan", katanya.

Guru TK yang  pernah meraih predikat I dalam bidang Guru TK Berprestasi Tingkat Prov. Jawa Timur yang sekaligus predikat IV Tingkat Nasional, sambil menunjuk spanduk mengatakan: "Di sini (TK. Pertiwi DWP Setda) barusan  telah usai dilaksanakan 3 (tiga) macam lomba anak; 1. Berceita, 2. MMM (melipat, menggunting, menempel), dan Menyanyi Tunggal."


Selengkapnya, kegiatan lomba keatifitas yang diikuti guru maupun anak dalam rangka HAN ini diikuti 14 perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek terbagi dalam 3 (tiga) tempat penyelenggaraan;

1. Alun-alun
  • Sepeda Ceria
  • Gerobak Tarik
2. TK. Pertiwi DWP Setda
  • Bercerita untuk Anak
  • MMM (Melipat, Menggunting, Menempel)
  • Menyanyi Tunggal
3. TK. Kemala Bhayangkari
  • Cipta Alat Permainan Edukatif (APE)
  • Desain dan Membuat Pola Dasar Batik

Bersambung ...


Referensi:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Anak
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Anak

Penulis: Edy Rochani (Sekjen Yayasan Capil Indonesia)

Sumber, Berita Indonesia


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support