Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Pisang : Sederhana tapi Kaya Manfaat

Pisang : Sederhana tapi Kaya Manfaat
Pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan
Caping Gunung Indonesia. Dinikmati dalam keadaan segar, digoreng, direbus, dibuat untuk smoothie, atau bahkan dibuat cake, kelezatan pisang bisa dinikmati dalam berbagai cara yang berbeda. Selain fleksibel, pisang juga mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi bukan cuma itu saja kelebihan buah lezat ini. Pisang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan!

Masih belum yakin akan manfaat pisang untuk tubuh kamu? Coba simak saja beberapa manfaat dari kandungan nutrisi dalam pisang berikut ini:

Sebagai sumber energi

Pisang mengandung 3 jenis gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta serat, sehingga memberikan tambahan energi yang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa konsumsi 2 buah pisang memberikan energi yang cukup untuk berolahraga selama 90 menit.

Melawan depresi dan menjaga mood positif

Pisang kaya tryptophan yang diubah tubuh menjadi serotonin yang mengubah suasana hati menjadi lebih positif dan bahagia. Sebagai keuntungan tambahan, tryptophan juga baik untuk menjaga daya ingat, lho!

Menjaga tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Pisang kaya kandungan potasium yang membantu tubuh mengeluarkan sodium dari tubuh, sehingga menjaga tekanan darah normal. Kandungan potasium serta vitamin C, serat, serta vitamin B6 dalam pisang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko stroke.

Menjaga berat badan sehat

Sebuah pisang berukuran besar hanya mengandung sekitar 90 kalori. Selain itu, separuh dari kandungan serat dalam pisang merupakan jenis serat larut yang menyerap air dan melambatkan pencernaan. Akibatnya, makanan yang Anda konsumsi akan tersimpan dalam perut lebih lama dan Anda akan merasa kenyang lebih lama. Godaan untuk ngemil cemilan yang tidak sehat pun lebih mudah dilawan dengan pisang!

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Nutrisi dalam pisang membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare. Kandungan serat dalam pisang membantu mengatasi masalah sembelit, sedangkan kandungan potasium serta nutrisi lain dalam pisang membantu menggantikan elektrolit dalam tubuh yang hilang ketika Anda mengalami diare. Pisang juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan. Kalau Anda mengalami perut perih karena maag, konsumsi pisang membantu melapisi lambung dan melindunginya dari asam lambung yang korosif.

Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Pisang kaya antioksidan yang memberikan perlindungan pada tubuh dari radikal bebas serta penyakit kronis.
Serat tinggi dalam pisang berperan penting untuk menurunkan resiko kanker kolorektal.
Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College of London menemukan bahwa anak yang mengkonsumsi 1 buah pisang setiap hari memiliki resiko 34% lebih rendah untuk mengalami asma.

Dengan semua manfaat ini, tak perlu ragu lagi untuk rutin mengkonsumsi pisang setiap hari. Anda bisa menikmati pisang saat sarapan ataupun saat ngemil di sore hari. Pisang juga bisa ditambahkan dalam smoothies, dinikmati bersama oatmeal, atau digunakan dalam sajian seperti kue dan cake untuk menggantikan mentega. Banyak cara lezat untuk menikmati pisang, kok! Yang pasti, nikmatnya pisang tak hanya terasa dari rasanya yang lezat, tapi juga dari manfaatnya untuk kesehatan. Sajian pisang apa yang jadi favorit Anda dan keluarga?#yani cgo
SumberBerita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support