Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Malang, Gempa Gesekan Lempeng Bumi Samudera Hindia

Malang, Gempa Gesekan Lempeng Bumi Samudera Hindia

"Terjadinya gempa sendiri menurut Musripan petugas BMKG Kabupaten Malang karena adanya gesekan lempeng bumi yang berada di Samudera Hindia sehingga menimbulkan gempa yang dirasakan beberapa kota di Jawa Timur."
Caping Gunung Indonesia - Gempa tektonik dengan kekuatan 5,2 skala richter yang terjadi di tenggara kabupaten Malang, tepatnya di Samudera Hindia kedalaman 103 kilometer, membuat empat kota di Jawa Timur berdampak getaran yang kuat. Namun, dipastikan gempa tersebut tidak berdampak pada kerusakan materiil. Gempa berkekuatan 5,2 skala richter yang terjadi di Samudra Hindia wilayah Kabupaten Malang pada pukul 9,45 WIB, Jumat (1/5).

Namun, gempa tektonik tersebut, berdampak kepada empat kota di Jawa Timur yaitu Malang, Blitar, Lumajang, dan Tulungagung. Lokasi gempa berada pada 9.60 lintang selatan dan 112,87 bujur timur dimana berada di tenggara Kabupaten Malang lokasi gempa tersebut.

Terjadinya gempa sendiri menurut Musripan petugas BMKG Kabupaten Malang karena adanya gesekan lempeng bumi yang berada di Samudera Hindia sehingga menimbulkan gempa yang dirasakan beberapa kota di Jawa Timur.

Musripan menambahkan, bahwa sekecil apapun bentuk gempa yang berdampak di wilayah Kabupaten Malang, harus diwaspadai melihat gempa yang melanda negara Nepal.

Saat dicek kebenarannya di BPBD kota yang terdampak gempa, tidak ditemui adanya kerusakan dalam kejadian gempa tektonik kali ini. Kini, pihak BMKG kabupaten Malang terus memantau melalui peralatan yang dipasang ditempat-tempat yang dirasa rawan terjadinya gempa tektonik, agar bisa mengkondisikan sebelumnya. (fer)#edy.cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support