Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Di Masa Penjajahan Belanda, Nenek 140 Tahun Dijadikan Kuli Pengambil Getah Karet

Di Masa Penjajahan Belanda, Nenek 140 Tahun Dijadikan Kuli Pengambil Getah Karet
Nenek Anami merupakan nenek yang diperkirakan berumur 140 tahun asal Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Nenek Anami mengaku dipekerjakan oleh Belanda yang dijadikan kuli pengambil getah pohon karet.
Caping Gunung Indonesia - Wanita yang diperkirakan berumur 140 tahun, Nenek Anami mengaku mengalami masa penjajahan Belanda. Saat itu, Nenek Anami dipekerjakan sebagai kuli pengambil getah karet.

"Waktu zaman Belanda saya jadi kuli, malah dikuliin (dipekerjakan) sama mereka. Saya ngambilin getah karet, itu disuruh sama Belanda," kata Nenek Anami kepada merdeka.com saat ditemui di rumahnya, Purwakarta

Nenek Anami mengatakan apapun dilakukan olehnya jika penjajah yang memerintahkan. Tak hanya itu, dia tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan oleh orang Belanda.

"Apa aja yang disuruh mereka saya ikutin. Saya engga pernah belajar, makanya sampai sekarang saya engga pernah bisa baca," ungkapnya.

"Saya enggak sekolah dari zaman kapan juga, kalau saya sekolah pintar dong. Saya cuma disuruh ngaji aja sama orangtua," tambahnya sambil tersenyum.

Ingin memastikan berapa usia Nenek Anami yang sebenarnya, dia tidak bisa menunjukan bukti-bukti lantaran semua identitasnya hangus terbakar bersamaan dengan tempat tinggalnya. Namun, Nenek Anami menceritakan saat ini ada kerabatnya yang masih hidup dengan usia tidak berbeda jauh.

Nenek Romi merupakan kerabat dekat Nenek Anami yang masih hidup. Menurut keterangannya Nenek Romi kurang lebih berusia 120 tahun.

"Zaman mbah Iwir (kerabat dekat) masih ada aja umur saya 120 lebih. Tinggal si Romi temen ngaji masih ada, dua orang yang paling tua di desa. Engga ada lagi yang tua mau perempuan apa laki-laki di desa ini, udah abis," ucap Nenek Anami.

Nenek Anami merupakan nenek yang diperkirakan berumur 140 tahun asal Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Nenek Anami akan mengikuti sayembara orang tertua sedunia, jika usia dia secara riil benar atau mendekati usia 140 tahun.

Maka Nenek Anami berpotensi memenangkan sayembara manusia tertua di dunia. Sesuai dengan informasi, sayembara itu digelar oleh miliarder asal Rusia, Dmitry Kaminsky. Hadiah dari sayembara itu mencapai sekitar Rp 13 miliar.

Namun, belum dapat dipastikan apakah Nenek Anami asli berusia 140 tahun. Pasalnya belum ada bukti yang menguatkan bahwa Nenek Anami benar memiliki usia tersebut. Saat ini, Nenek Anami sedang diperiksa oleh pihak dokter untuk memastikan berapa usia yang sebenarnya.

Saat ini, perempuan tertua di dunia dipegang Jeralean Talley asal Amerika Serikat. Sedangkan sebelumnya, rekor usia terpanjang dipegang Jeanne Calment asal Prancis. Tetapi ia meninggal dunia saat memasuki usia 122,5 tahun pada tahun 2007.#erika_cgo.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support