Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Puluhan Kantong Darah di PMI Blitar Terpapar Penyakit Menular

Puluhan Kantong Darah di PMI Blitar Terpapar Penyakit Menular

Caping Gunung Indonesia - Sebanyak 81 kantong darah di PMI Kabupaten Blitar terpapar penyakit menular. PMI telah mendata siapa saja pendonor yang darahnya terpapar penyakit.

Empat jenis penyakit menular terdeteksi. Yakni Hepatitis B, Hepatitis C, penyakit kelamin dan HIV. Sebanyak 38 kantong darah terdeteksi penyakit Hepatitis B, 7 kantong terpapar Hepatitis C, 15 kantong terpapar HIV, dan 21 kantong darah terdeteksi penyakit kelamin sifilis.

Menurut Sekretaris PMI Kabupaten Blitar Bambang Wahyudianto, jumlah itu merupakan rekapitulasi data sejak Januari hingga Juli 2019.


"Kami tiap bulan merekap hasil tes laboratorium pada darah pendonor. Tiap bulan selalu ditemukan ada darah yang terpapar penyakit menular. Jadi jumlah 81 kantong darah itu selama tujuh bulan terakhir di tahun ini," kata Bambang pada detikcom di kantornya, Jalan A Yani, Jumat (13/9/2019).

Darah yang terpapar penyakit menular telah dipisahkan. Selanjutnya akan dikirim ke pihak rekanan di Surabaya untuk dimusnahkan.

"Kalau dulu kami kerjasama dengan rumah sakit di daerah untuk pemakaian bersama insenerator. Alat yang digunakan memusnahkan limbah medis. Sekarang ada peraturan baru, rumah sakit tidak boleh menerima titipan limbah medis dari luar untuk dimusnahkan pakai alat mereka. Makanya kami kerjasama dengan pihak ketiga," jelas Bambang. #shelyn_cgo

Sumber.Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support