Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Lereng Perbukitan Retak Ancam Pemukiman Warga Trenggalek


Lereng Perbukitan Retak Ancam Pemukiman Warga Trenggalek


Caping Gunung Undonesia - Tingginya intensitas curah hujan di Trenggalek mengakibatkan lereng perbukitan di Desa Karangsoko, retak dan rawan longsor. Kondisi ini mengancam sejumlah pemukiman yang ada di bawahnya.

Bhabinkamtibmas Desa Karangsoko, Devit Dwi Hendrik Setyawan, mengatakan retakan dan pergerakan tanah ditemukan di RT 4 RW 1 Desa Karangsoko, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek. Panjang retakan tanah mencapai lebih dari 100 meter.

"Temuan pergerakan tanah ini kemarin, Selasa (13/11) tim dari BPBD dan instansi terkait sudah melakukan pengecekan di lokasi, diketahui tinggi perbukitan yang retak ini 200 meter dengan tingkat kemiringan antara 40-50 derajat," kata Devit Dwi, Rabu (14/11/2018).Bahkan dari pengecekan di lapangan diketahui, kondisi tanah sudah ambles sedalam 50 cm. Titik retakan tanah tersebut berada di hutan milik Perhutani dengan jarak sekitar kurang lebih 200 meter dari permukiman warga.

"Tim bersama akan melakukan musyawarah di tingkat desa dan beberapa jajaran di atasnya, termasuk dengan Perhutani. Nah ini akan segera kami upayakan untuk dilakukan kerja bakti penutupan retakan tanah," ujarnya.

Penutupan retakan tersebut penting dilakukan agar air hujan tidak masuk dalam sela-sela retakan, sehingga bisa memperkecil risiko dan potensi longsor di kawasan tersebut.

"Selain itu pemerintah desa juga melakukan sosialisasi kepada warga yang bermukim di bawah perbukitan tersebut diimbau untuk waspada, terlebih pada saat hujan deras serta pascaturun hujan," imbuh Devit. #nurul_cgo



Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support