Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Perjalanan Ibadah Umroh Ketua IGTKI Kecamatan Trenggalek

 Perjalanan Ibadah Umroh Ketua IGTKI Kecamatan Trenggalek
Di hari yang suci ini Ketua IGTKI dari Kecamatan Trenggalek menunaikan Ibadah Umroh. Beliau adalah Ibu Sri Perwati, beliau berangkat bersama saudaranya. Disana Beliau mendoakan seluruh Anggota IGTKI khususnya Kecamatan Trenggalek agar dapat berkunjung kerumah Alloh dan diberi kesehatan.
Caping Gunung Indonesia - Di hari yang suci ini Ketua IGTKI dari Kecamatan Trenggalek menunaikan Ibadah Umroh. Beliau adalah Ibu Sri Perwati, beliau berangkat bersama saudaranya. Disana Beliau mendoakan seluruh Anggota IGTKI khususnya Kecamatan Trenggalek agar dapat berkunjung kerumah Alloh dan diberi kesehatan.

Adapun Keutamaan dari Beribadah Umroh di Bulan puasa adalah


Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Dalam riwayat lain dinyatakan, wanita anshar yang disebutkan dalam hadis di atas bernama Ummu Ma’qil.

Ulama berbeda pendapat tentang keutamaan umrah Ramadhan yang disebutkan dalam hadis di atas. Ada 3 pendapat ulama dalam hal ini:

Pertama, keutamaan ini hanya berlaku khusus untuk wanita itu, dan tidak berlaku untuk yang lainnya. Diantara ulama yang memilih pendapat ini adalah Said bin Jubair, salah seorang ulama tabi’in, murid Ibn Abbas radhiyallahu ‘anhu. Pendapat beliau dinukil oleh Ibn Hajar dalam Fathul Bari (3/605). Diantara dalil yang mendukung pendapat ini adalah hadis Ummu Ma’qil di atas. Terdapat tambahan dalam riwayat Abu Daud, bahwa setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan umrah bulan Ramadhan, Ummu Ma’qil

“Haji nilainya haji, umrah nilainya umrah. Tapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda demikian kepadaku. Aku tidak tahu apakah ini khusus untukku?.” Maksudnya, apakah juga berlaku untuk seluruh manusia?. (HR. Abu Daud 1989).

Hanya saja, tambahan keterangan Ummu Ma’qil ini statusnya lemah, sehingga tidak bisa diterima sebagai dalil. Demikian keterangan al-Albani dalam dhaif sunan Abu Daud.

Kedua, keutamaan ini hanya berlaku untuk orang yang sudah berniat haji, namun tidak mampu melaksanakannya. Kemudian dia ganti dengan umrah di bulan Ramadhan. Sehingga dia mendapatkan pahala haji sempurna bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, meskipun dia hanya melakukan umrah, karena adanya niat untuk berangkat haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.#nur_cgo
 
Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support